Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desi Melahirkan di Mobil Rutan karena Ajuan Jadi Tahanan Kota Ditolak

Kompas.com - 21/02/2014, 20:41 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Desi Bolutio (20), seorang tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Malendeng, Manado yang melahirkan di dalam mobil, berharap pihak Kejaksaan memenuhi permohonannya menjadi tahanan kota.

"Sebelum ini (melahirkan), saya sudah ajukan permohonan agar saya jadi tahanan kota saja, soalnya sudah dekat melahirkan," kenang Desi saat ditemui di Blok Mawar Kamar 1, Rutan Malendeng, Jumat (21/2/2014) malam.

Namun permohonan Desi yang didakwa atas kasus saling melecehkan di Facebook tersebut tidak dipenuhi Kejaksaan Minahasa Utara. Alhasil, dalam kondisi hamil besar, Desi harus tetap berada di Rutan Malendeng hingga melahirkan di dalam mobil, Kamis (20/2/2014) kemarin.

"Saya masuk di sini dua bulan lalu, saat usia kandungan saya sudah tujuh bulan. Sudah tiga kali sidang. Dan sebenarnya minggu ini saya sidang tuntutan, tapi bayi saya sudah lahir," tambah Desi.

Desi pun berharap setelah ini, jaksa yang menahannya bisa meluluskan permintaan pengalihan status tahanannya. "Agar saya bisa merawat bayi saya di rumah. Suami sudah datang lihat, tapi kan dia tidak bisa bersama kami di sini," kata Desi.

Dia pun harus rela menjaga dan merawat bayinya yang baru berumur sehari itu bersama dengan rekan-rekannya satu kamar. Saat Kompas.com berkunjung ke kamar Desi di Rutan Malendeng, terlihat bayinya harus tidur di atas tempat tidur seadanya sebagaimana fasilitas Rutan pada umumnya.

Wakil Wali Kota Manado, Harley Mangindaan yang bersimpati, kemudian datang berkunjung bersama istrinya. Mereka membawa bantuan buat Desi dan bayinya, berupa pakaian dan peralatan bayi.

Desi melahirkan bayinya yang berbobot 3,4 kilogram di dalam mobil saat dia dilarikan ke rumah sakit pada Kamis (20/2/2014) kemarin. Tidak adanya bidan di Rutan Malendeng, membuat pihak Rutan harus membawa Desi ke rumah sakit.

Namun belum sampai di rumah sakit, Desi sudah melahirkan di dalam mobil. Sewaktu melahirkan, Desi hanya dibantu oleh seorang sipir pria. Sang sipir, Amir, membopong bayi Desi sampai ke rumah sakit.

Kepala Rutan Malendeng, Julius Paath berterima kasih kepada stafnya tersebut karena telah membantu proses persalinan salah satu warga binaan mereka. "Kami mencoba memberikan apa yang bisa kami bantu buat ibu dan anaknya. Otomatis, anaknya masuk dalam daftar register Rutan sebagai titipan," kata Paath.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com