Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahanan Rutan Manado Melahirkan di Dalam Mobil

Kompas.com - 21/02/2014, 19:41 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com — Desi Bolutio (20), seorang tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Malendeng, Manado, terlihat dalam kondisi sehat bersama bayinya ketika dikunjungi Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan, Jumat (21/2/2014) malam.

Di Blok Mawar Kamar 1, Desi harus berbagi ruang dengan beberapa tahanan lainnya. Padahal dirinya baru saja melahirkan seorang bayi perempuan pada Kamis (20/2/2014) kemarin.

"Lahirnya di atas mobil. Saya sudah merasakan kontraksi sejak pagi, dan kemudian dibawa ke rumah sakit oleh petugas Rutan," cerita Desi kepada sejumlah wartawan yang diizinkan masuk.

Saat sedang berada di dalam mobil ternyata Desi sudah tidak bisa menahan kontraksinya. Bayi mungil berbobot 3,4 kilogram itu pun lahir sebelum tiba ke rumah sakit.

Setelah tiba di rumah sakit, baru kemudian petugas medis membantu proses pasca-melahirkan, termasuk memotong tali pusar anak Desi.

"Saya bahagia bisa melahirkan anak saya, walau saya berada di dalam tahanan, petugas memperlakukan saya dengan baik," tambah Desi.

Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan yang mendengar kejadian tersebut kemudian datang bersama istrinya. Mereka membawa bantuan berupa pakaian dan bahan kebutuhan bayi buat anak Desi.

"Sebagai pemerintah kota dan secara pribadi saya tergerak untuk membantu apa yang sedang dialami mereka. Saya juga berterima kasih buat petugas Rutan yang sudah membantu proses melahirkan Desi sehingga ibu dan anaknya dalam kondisi sehat," kata Mangindaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com