Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.384 Bangunan di Kediri Rusak akibat Erupsi Kelud

Kompas.com - 18/02/2014, 12:20 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Erupsi Gunung Kelud pada Kamis (143/2/2014) malam telah menyebabkan kerusakan yang cukup dahsyat. Di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tercatat ada 5.384 bangunan mengalami kerusakan.

Insider Commander Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Kabupaten Kediri, Letkol Heriyadi, mengatakan, jumlah tersebut terdiri dari 2.192 bangunan rusak ringan dan 3.192 mengalami rusak berat.

"Data itu masih hitungan sementara. Data akan kami update nanti sore, " kata Heriyadi saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (18/2/2014).

Komandan Kodim 0809 Kediri ini menambahkan, pihaknya memberikan target waktu penyelesaian penghitungan jumlah kerusakan hingga tiga hari ke depan. Saat ini, kata dia, tim sudah disebar ke beberapa daerah terdampak bencana.

"Saat ini personel saya masih di lapangan untuk penghitungan. Anggota saya menghitung sekaligus memfoto bangunan yang rusak agar datanya valid," dia menandaskan.

Sedangkan data pengungsi yang dihimpun dari Posko Utama Satlak PB Kabupaten Kediri, per Senin, pukul 14.35 Wib, mencapai 39.742 jiwa yang tersebar di 105 titik. Jumlah tersebut meningkat dari hari sebelumnya, sebanyak 36.248 jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com