Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tukang Bata Temukan Puluhan Perkakas Emas

Kompas.com - 05/02/2014, 19:03 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis


PROBOLINGGO, KOMPAS.com
 — Anton, pembuat batu bata di Desa Patemon, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menemukan puluhan perkakas berlapis emas saat menggali tanah merah untuk pembuatan batu bata, Senin (3/2/2014). Perkakas emas yang ditemukan tersebut diduga peninggalan kerajaan di daerah itu.

“Setelah saya gali sekitar 1 meter, awalnya menemukan sendok. Setelah saya gali lagi ternyata ada benda lain yang terbuat dari emas,” terang Anton, Rabu (5/2/2014).

Setelah mendapatkan sendok berlapis emas, Anton terus menggali dengan cangkulnya. Ia pun kembali menemukan benda emas berupa cincin tanpa permata. Lalu, Anton juga menemukan piring berlapis emas.

Kabar penemuan perkakas berlapis emas di pekarangan milik Tohir tersebut dengan cepat menyebar ke warga. Beberapa di antaranya ikut menggali tanah dengan harapan mendapat rezeki.

Mereka pun bersemangat menggali tanah. Hasilnya, seorang warga lain menemukan keris berlapis emas. Benarkah perkakas dari emas tersebut peninggalan kerajaan dahulu? Jika benar, peninggalan kerajaan apa? Hingga kini masih ditelusuri. Pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata masih belum memberikan komentar terkait penemuan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com