Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Waspada, Wisata Gunung Kelud Ditutup

Kompas.com - 02/02/2014, 17:16 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com- Lokasi wisata Gunung Kelud di Jawa Timur ditutup dari wisatawan menyusul adanya peningkatan status gunung dari normal menjadi waspada, Minggu (2/2/2014).

Pelaksana Teknis Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Kediri, Edy Purwanto mengatakan, beberapa loket yang menyediakan tiket masuk wisata, sengaja diberhentikan operasionalnya.

"Loket penjualan tiket kita tutup untuk menghindari komplain dari pengunjung yang tidak bisa masuk padahal sudah beli tiket," kata Edy pada Kompas.com.

Selain itu, dia menambahkan, penutupan itu untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan terjadi atau menimpa para pengunjung.

Gunung Kelud yang mempunyai ketinggian 1.731 Mdpl itu selama ini dimanfaatkan oleh Pemkab Kediri sebagai salah satu destinasi wisata. Di sana pengunjung disuguhi kubah lava pengganti danau kawah, teater vulkanologi Gunung Kelud, kolam air hangat, serta beberapa wahana lainnya.

Sejak Minggu pagi, status gunung yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang itu dinaikkan dari normal menjadi waspada. Radius dua kilometer dari gunung, disterilkan dari aktivitas masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com