Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Gunung Sinabung Tercatat 30.117 Jiwa

Kompas.com - 02/02/2014, 13:28 WIB
Dian Fath Risalah El Anshari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai saat pengungsi di Gunung Sinabung tercatat mencapai angka 30.117 jiwa atau sekitar 9.388 kepala keluarga. Jumlah tersebut berasal dari kecamatan Payung sebanyak 8 desa, kecamatan Simpang Empat sebanyak 7 desa, kecamatan Namantran 13 desa dan kecamatan Tiganderket 6 desa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sebanyak 16 desa dan 2 dusun yang masih harus tetap mengungsi dari rekomendasi PVMBG, karena berjarak di radius 3-5 km.

Sedangkan 16 desa yang berjarak di radius lebih dari 5 km sudah diizinkan untuk pulang pekan depan. Adapun tahapan pemulangan pengungsi dibagi menjadi tiga tahapan, di mana tahap pertama pengungsi di radius 5 km dengan jumlah pengungsi 13.828 jiwa dengan 4.639 kk akan dipulangkan minggu depan.

Pengungsi tersebut mendapatkan cash for work (padat karya) dari BNBP sebanyak Rp 50.000 per kepala keluarga setiap harinya selama dua bulan. "Pengungsi yang mendapat jaminan hidup dari kemsos sebanyak Rp 6.000 per orang tiap harinya dan 400 gram beras, sedangkan pengungsi yang tidak mengungsi hanya mendapatkan cash for work tetapi tidak diberikan jaminan hidup," ujar Sutopo di Kantor BNBP, Jalan Ir H Juanda, Jakarta Pusat, Minggu (2/2/2014).

Adapun cash for work adalah dengan melakukan aktivitas membersihkan dan memperbaiki rumah, tanaman/kebun, jalan dan sebagainya sesuai dengan aspirasi pengungsi.

Pembersihan jalan, perbaikan listrik, air bersih dan lainnya dilakukan pemerintah, TNI/Polri dan SKPD terkait. Sementara, BNPB membantu menyediakan alat kebersihan. Untuk tahap kedua pengungsi di radius 3-5 km dengan jumlah pengungsi 15.982 jiwa atau 4.639 kk masih belum bisa dipastikan, mereka akan dipulangkan bersamaan dengan penurunan aktivitas Gunung Sinabung.

Diperkirakan sekitar akhir Februari ataupun awal Maret. Sutopo mengatakan tahap kedua pengungsi mendapat cash for work dan jaminan hidup, perbaikan fasilitas umum, fasilitas sosial dan lahan pertanian yang dibantu oleh pemerintah.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan bibit, pupuk dan alat pengolahan tanah. Sedangkan untuk tahap ketiga adalah relokasi 5 desa karena berada di radius kurang dari 3 km, yakni Desa Simacem, Desa Bekerah, Desa Sigarang-Garang, Desa Sukameriah dan Desa Sukanalu dengan jumlah 1.109 kk.

Pemda kabupaten Karo akan menyediakan lahan relokasi untuk 1.000 KK seluas 25 ha dan membangunkan hunian atap anti gempa sebesar Rp 30 juta per kepala keluarga. Jika warga tidak mau relokasi maka akan dibangunkan shelter evakuasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com