Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengandung Azimat, Sultan Aji Tetap Jadi Nama Bandara

Kompas.com - 24/01/2014, 22:33 WIB
Kontributor Samarinda, Yovanda Noni

Penulis


SAMARINDA, KOMPAS.com – Meski ditolak warga Balikpapan, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Awang Faroek Ishak bersikukuh mengganti nama Bandara Internasional Sepinggan menjadi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Alasannya, nama Sultan Aji Muhammad Sulaiman adalah azimat.

Awang menegaskan, bandara tersebut bukan milik warga Balikpapan, melainkan Provinsi Kaltim. Oleh karena itu, rencana perubahan nama bandara, tidak harus mendapat persetujuan individu-individu di Balikpapan.

“Bandara Sepinggan milik Provinsi Kaltim, bukan milik warga Balikpapan. Lagi pula, sama halnya dengan Cengkareng yang berubah menjadi Soekarno-Hatta, Sepinggan itu tidak punya nama. Karena itu, terpilihlah nama leluhur di tanah Kutai untuk Bandara Sepinggan,” jelasnya usai meresmikan ATM Drive Thru pertama di Samarinda, Jumat (24/1/2014).

Diceritakan Awang, nama Sultan Aji Muhammad Sulaiman merupakan leluhur yang paling tersohor di Kaltim. Menurutnya, nama dan gambar wajah Sultan tersebut menjadi azimat sugesti bagi masyarakat Kutai.

Bahkan, Awang mengaku di dalam dompetnya sendiri menyimpan foto Sultan Aji Muhammad. “Dulu di ayunan anak-anak Kutai, digantungkan foto Sultan agar anak-anak istirahat dengan tenang. Saya juga mengantongi fotonya. Waktu main golf, teman saya tersambar petir. Tapi saya tidak, jangan-jangan karena foto Sultan sehingga saya selamat,” jelasnya.

Untuk itu, Awang tegas menyatakan nama Aji Muhammad Sulaiman lah yang pantas diabadikan menggantikan nama Sepinggan. Terlebih, lanjut dia, hingga detik ini Wali Kota dan DPRD Kota Balikpapan tidak menolak dengan rencana perubahan nama tersebut.

“Dari awal hingga kini, Wali Kota Balikpapan dan DPRD tidak menolak perubahan nama tersebut. yang keberatan kan hanya individu-individu di Balikpapan saja. Intinya Balikpapan milik Provinsi Kaltim,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang juga menyampaikan dukungannya terhadap perubahan nama bandara Sepinggan. Menurutnya, Sultan Aji Muhammad Sulaiman merupakan nama yang tepat untuk Bandara Internasional Sepinggan.

“Boleh dicatat adik-adik wartawan, saya mendukung perubahan nama tersebut. Saya sangat menghormati leluhur, dan kebetulan di rumah saya terpajang foto Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Karena berkat restu Sultan Kutai tersebut, Kaltim menjadi provinsi yang maju,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com