Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan di Simalungun Ambruk, Aktifitas Warga Lumpuh

Kompas.com - 22/12/2013, 15:32 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN,KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Simalungun menyebabkan jembatan Bu Mancung yang berada di Simpang Serapuh, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, ambruk, Minggu (22/12/2013) dini hari. Akibatnya, aktifitas ribuan warga lumpuh total.

Dari informasi warga sekitar, jembatan yang menghubungkan jalan lintas sumatera (Jalinsum) dengan enam desa, yakni Desa Serapuh, Silulu, Margomulio, Dolok Malela, Bandar Siantar dan Gajing, ambruk sekitar pukul 00.00 WIB. Beruntung pada saat kejadian tidak ada warga yang melintas.

"Padahal baru diperbaiki sekitar enam bulan lalu. Tapi bisa ambruk gini. Kayak mana bisa pulang kalau sudah begini," ujar Togu Simorangkir (33), warga Desa Silulu saat ditemui di lokasi.

Togu menambahkan, jembatan tersebut sudah kali kedua runtuh dibawa sungai yang dalamnya mencapai 10 meter tersebut. "Dulu ini juga pernah rubuh. Tapi bukan waktu hujan. Kalau begini, kayak manalah kami bisa beraktifitas. Padahal ini jalan satu-satunya," katanya.

Hingga kini ratusan warga dibantu 15 personel Kodim TNI AD 02/07 Simalungun masih melakukan perbaikan jembatan Bu Mancung. "Kita ada 15 personel yang turun membantu warga memperbaiki jembatan ini. Rencananya kita akan menggunakan batang kelapa untuk alas sementara," ujar Mayor Infantri Uci Cambayong ketika ditemui di lokasi.

Camat Gunung Gunung Maligas Rianto Purba ketika dikonfirmasi mengatakan, runtuhnya jembatan tersebut berdampak lumpuhnya aktifitas ribuan warga yang berada di sana. "Untuk sementara, warga menggunakan jalan alternatif dari perkebunan sawit milik PT Sipef," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com