Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Aceh Jaya Peringati Ulang Tahun GAM

Kompas.com - 04/12/2013, 23:19 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com
— Ratusan warga di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, memperingati hari ulang tahun (HUT) atau milad ke-37 Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Upacara HUT GAM berlangsung di Desa Batee Luah, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Aceh, Rabu (4/12/2013). Lokasi upacara merupakan salah satu tempat pemakaman mantan petinggi GAM yang tewas saat konflik Aceh dulu.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, ratusan warga dari berbagai kalangan menghadiri upacara peringatan HUT ke-37 GAM yang digelar Komite Peralihan Aceh (KPA) ini. Mereka yang datang berasal dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya.

Peringatan HUT GAM ini sudah dianggap sakral untuk renungan dan refleksi sejarah perjuangan GAM saat kali pertama dideklarasikan oleh Teungku Muhammad Hasan Tiro pada tanggal 4 Desember 1976, yang berlangsung di Gunung Halimun, Kabupaten Pidie.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Jaya Ir Azhar mengatakan, peringatan HUT GAM terbuka dilakukan oleh warga di Aceh Jaya sejak 2005 setelah adanya kesepakatan dan perjanjian damai antara GAM dan Pemerintah Republik Indonesia (RI).

Azhar mengajak semua komponen masyarakat untuk terus merawat dan menjaga perdamaian Aceh yang telah dicapai seperti sekarang ini. “Mari kita jaga dan wujudkan perdamaian yang hakiki di Aceh," ucapnya.

Seusai menyampaikan sambutan, Bupati Azhar yang merupakan mantan petinggi GAM di wilayah Meureuhom Daya ini juga memberikan santunan kepada puluhan anak yatim piatu korban konflik. Setelah menggelar doa dan zikir bersama, peringatan HUT GAM ditutup dengan makan bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com