Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Pekerja Freeport Diterbangkan ke Palembang

Kompas.com - 01/12/2013, 16:27 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com – Puluhan pekerja tambang rekan almarhum Fikrizal Utama, memberikan penghormatan terakhir di Bandara Mozes Kilangin, Timika, Minggu (1/12/2013) siang. Sebagian besar pekerja tambang bawah tanah ini, adalah rekan Fikrizal dari kru IV tambang bawah tanah Deep Ore Zone (DOZ) di Mil 74, yang langsung berangkat ke Timika menggunakan bis karyawan.

Beberapa saat setelah penghormatan, jenazah langsung dibawa ke pesawat Airfast Indonesia PK-OCA yang akan terbang ke Jakarta dan selanjutnya ke Palembang, Sumatera Selatan. Menurut Kepala Kepolisian Sektor Tembagapura, AKP Sudirman, jenazah Fikrizal akan dikebumikan di kampung halamannya di Sumatera Selatan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, terjadi kecelakaan kerja di tambang bawah tanah Deep Ore Zone (DOZ) PT Freeport Indonesia di Mil 74, Distrik Tembagapura, Minggu dini hari. Kapolsek Tembagapura, AKP Sudirman mengatakan kejadian berlangsung sekitar pukul 04.00 WIT ketika sebuah mobil pick up bernomor lambung 01-4387 dari Departemen Under Ground Operation tertimpa material tambang basah yang keluar dari pintu Cut Loading Point 1 E West.

Dijelaskan Sudirman, Fikrizal Utama yang mengemudikan mobil naas tersebut ditemukan meninggal dunia di tempat, sementara rekannya Peman Gombo diselamatkan regu penolong dan langsung dievakuasi ke Rumah Sakit SOS Tembagapura.

Sudirman mengatakan pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara pagi tadi dan kesimpulan awal bahwa kejadian ini murni kecelakaan kerja dan bukan akibat longsor. “Ini murni kecelakaan kerja dan bukan akibat longsor. Tapi akan dilakukan investigasi lebih lanjut bekerjasama dengan tim dari PT Freeport Indonesia,” jelas Sudirman.

Juru bicara PT Freeport Indonesia, Daisy Primayanti yang dihubungi melalui telepon selulernya membenarkan kejadian ini dan mengatakan pusat kendali PT Freeport Indonesia menerima laporan terkait kejadian ini sekitar pukul 04.09 WIT.

Dalam laporan tersebut, jelas Daisy, insiden terjadi di wilayah barat 1E, area bongkar muat tambang bawah tanah DOZ. Terkait insiden ini, Daisy mengatakan bahwa pihaknya sudah melaporkan kejadian ini kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Ia juga menegaskan bahwa saat ini pihaknya bersama pihak yang berwenang sedang melakukan investigasi terkait penyebab kejadian tersebut. Daisy juga menyampaikan duka cita mendalam dari keluarga besar PT Freeport Indonesia dan terus memberikan doa dan dukungan untuk keluarga dari para korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com