Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Dua Hari Picu Banjir dan Longsor di Bengkulu

Kompas.com - 15/11/2013, 18:00 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com — Hujan yang mengguyur Bengkulu sejak Kamis (14/11/2013) hingga Jumat (15/11/2013) mengakibatkan dua rumah di kabupaten Kepahiang nyaris ambles ke dasar jurang. Sementara itu di Kabupaten Rejang Lebong tidak kurang dari 15 rumah terendam banjir.

"Di Sumber Bening kemarin sore banjir merendam puluhan rumah warga, dengan ketinggian 1 meter lebih," kata Rokimin, warga Sumber Bening, Kabupaten Rejang Lebong, yang dihubungi Kompas.com, Jumat.

Ia mengatakan, hari ini banjir telah surut dan beberapa rumah warga yang terkena banjir mulai dibersihkan. Menurut Rokimin, banjir disebabkan beberapa saluran air di desa itu tersumbat sehingga tidak mampu menampung air kiriman dari hulu sungai.  Air pun masuk ke jalan umum warga dan permukiman.

Tingginya curah hujan di Provinsi Bengkulu dalam satu pekan ini menyebabkan tujuh dari 10 kabupaten dan kota dilanda banjir dan longsor. Wilayah-wilayah yang dilanda banjir adalah Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Kaur, Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, dan Kepahiang.

Tidak ada korban dalam bencana alam ini. Namun, banjir telah merusak sekitar 1.000 hektar sawah, memutus jembatan yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Sumatera Barat, serta sejumlah rumah rusak akibat longsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com