Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel, Restoran, dan THM di Jember Tunggak Pajak Rp 4 Miliar

Kompas.com - 06/11/2013, 16:24 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com — Sejumlah pengusaha hotel, restoran, dan tempat hiburan malam di Jember, Jawa Timur, masih menunggak pajak sebesar Rp 4 miliar lebih. Tunggakan itu terjadi di rentang tahun 2008-2009.

“Ada tujuh hotel, lima restoran, dan dua tempat hiburan yang masih menunggak pajaknya,” kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Jember Suprapto seusai mengikuti rapat paripurna di Gedung DPRD Jember, Rabu (6/11/2013).

Menurut Suprapto, tunggakan tersebut berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, dan BPK merekomendasikan agar tunggakan pajak tersebut ditagih, dan masuk ke kas daerah (Kasda). “BPK menilai itu masuk piutang sehingga harus tetap ditagih oleh kami,” imbuh dia.

Suprapto mengaku, pascarekomendasi BPK tersebut keluar, Dispenda Jember sudah melakukan penagihan. Namun, sampai hari ini, baru dua pengusaha restoran yang membayar.

“Baru mulai bulan kemarin, dan sudah ada yang mencicil. Ada yang mencicil satu juta dan dua juta rupiah. Jadi masih tersisa empat miliar lebih,” ungkap Suprapto.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Jember Yudi Hartono meminta kepala Dispenda untuk terus melakukan penagihan. “Saya tentu menyayangkan persoalan ini. Sebab jauh- jauh hari sebelumnya, kami sudah minta Dispenda untuk menagihan. Kalau pengusaha tidak mau nyicil, kasih sanksi tegas saja,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com