Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Aceh, Populasi Orangutan Susut Drastis

Kompas.com - 04/10/2013, 15:41 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Sejumlah pegiat dan pemerhati orangutan di Aceh melakukan aksi damai di Bundaran Simpang Lima, pusat Kota Banda Aceh, dalam rangka menyambut hari peringatan satwa sedunia (World Animal Day), Jumat (4/10/2013).

Aksi ini juga sebagai bentuk keperihatinan terhadap jumlah populasi orangutan di Aceh yang semakin menurun setiap tahunnya.

“Penurunan (jumlah) orangutan di Aceh per tahunnya antara 40 sampai dengan 60 persen, tentu kondisi ini sangat ironis," kata Ratno Sugito, Juru Kampanye Forum Orangutan Aceh siang ini.

Ratno menjelaskan, berdasarkan data survei terakhir di dalam Rencana dan Strategi Aksi Konservasi Orangutan Indonesia tahun 2009, populasi orangutan di Aceh sekarang hanya tinggal sekitar 6.000 ekor.

Padahal, di tahun 1990 jumlah orangutan Sumatera sebanyak mencapai  80.000,  tahun 1995 ada sebanyak 12.500. Namun di tahun  2004 menurun menjadi 7.500. “Artinya  jumlah populasi orangutan Sumatera sekarang telah hilang sebanyak 80 persen," kata dia.

Dalam aksinya yang berlangsung selama satu jam, mulai dari pukul 10.00 wib tadi, mereka menggunakan replika wajah orangutan dan menenteng sejumlah poster kampanye penyelamatan orangutan. Melalui aksi ini mereka memberikan pemahaman kepada masyarakat Aceh untuk terus menjaga dan menyelamatkan orangutan yang kian mendekati kepunahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com