Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka WTS 2013, Menteri PU Duduk di Atas Kloset

Kompas.com - 02/10/2013, 10:43 WIB
SOLO, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum (PU) RI Djoko Kirmanto, resmi membuka acara bertaraf internasional World Toilet Summit (WTS) 2013 di Hotel Sunan, Solo, Rabu (2/9/2013) pagi.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Ketua World Toilet Organization (WTO) Jack Sim, dan Ketua Indonesia Toilet Association (ATI) Naning A Adiwoso, turut hadir dalam sesi pembukaan WTS.

Uniknya, sebagai simbolisasi pembukaan acara, Djoko Kirmanto sempat duduk di atas kloset yang diletakkan di atas panggung. Dalam aksinya itu, Djoko didampingi Hadi Rudyatmo, Jack Sim dan Naning A Adiwoso.

Dalam sambutannya, Joko mendukung penuh digelarnya WTS kali ini di Indonesia. Pasalnya, beberapa program dan pembahasan dalam WTS sangat sejalan dengan program pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementrian PU untuk memperbaiki beberapa fasilitas sanitasi di masyarakat.

"Ke depannya kami bisa terus bekerjasama dengan pihak WTO untuk membahas permasalahan ini," kata Djoko.

Berbagai agenda kegiatan, dilakukan selama WTS digelar sampai Jumat (4/10/2013) mendatang. Dimulai dari diskusi membahas dinamika toilet di seluruh negara di dunia, sampai melakukan penyuluhan di berbagai tempat di Solo tentang standarisasi toilet termasuk cara penggunaannya.

Ketua Indonesia Toilet Association (ATI), Naning A Adiwoso mengatakan, acara WTS ini sudah seharusnya mendapat perhatian masyarakat dan pemerintah. Mengingat, betapa pentingnya kebersihan toilet dengan kesehatan diri dan lingkungan.

"Toilet adalah satu fasilitas yang tak bisa begitu saja diremehkan, sudah seharusnya masyarakat di dunia memberi perhatian terhadap kesehatan diri dengan menjaga kebersihan toilet," kata Naning.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com