Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bongkar Lemari Kuno, Zainal Temukan 2 Granat Aktif

Kompas.com - 19/09/2013, 22:46 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


KARTASURA, KOMPAS.com - Warga Parangtejo, RT 8/RW1, Kartasura, Sukoharjo digemparkan oleh penemuan dua granat nanas yang masih aktif di salah satu rumah warga, Kamis malam (19/92013). Pemilik rumah yang bernama Zainal Arif (37) mengaku kaget saat membongkar lemari milik ayahnya ternyata menemukan granat.

"Lemari kuno itu kan dibeli ayah saya dari seseorang bernama bu Tohir yang katanya dari zaman Belanda. Ndak tahunya, pas saya bongkar ada granatnya," kata Zainal kepada wartawan, Kamis malam.

Zaenal yang panik segera melapor ke Polsek Kartasura. Tak lama kemudian, petugas Gegana dari Detasemen C Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, segera memindahkan granat dari lokasi. Warga yang berdatangan terpaksa dihalangi petugas dan diminta menjauh dari lokasi penemuan. Hal tersebut untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan karena kedua granat itu masih aktif.

"Ditemukan dua granat jenis nanas yang masih aktif dan jenis tersebut digunakan pada zaman perang dahulu," kata Aiptu Maruto, Kepala Unit Penjinak Bom Detasemen C.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com