Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Gajah Melintasi Kebun, Warga di Bireuen Gusar

Kompas.com - 17/09/2013, 18:58 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis


BIREUEN, KOMPAS.com — Warga Desa Pante Peusangan, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Aceh, kembali gusar. Pasalnya, kawanan gajah berjumlah 15 ekor tepergok melintasi kebun milik warga, Senin (16/9/2013) sekitar pukul 16.00 WIB.

Penjabat Kepala Desa Pante Peusangan, Syamsuddin, mengatakan, warganya yang melihat persis kawanan gajah melintas melaporkan jepada dirinya malam tadi. “Sebelumnya hari Minggu kemarin juga ada warga yang melihat (gajah), disusul kemarin,” ujarnya, Selasa (17/9/2013).

Ke-15 ekor gajah tersebut, menurut Syamsuddin, persis menuju perkebunan warga di Dusun Sarah Mutia yang berjarak sekitar tiga kilometer ke barat dari permukiman warga Desa Pante Peusangan. Dengan lokasi persis di bawah jurang, diduga hewan bergading itu menyeberangi sungai menuju kebun di desa seberang.

“Memang jalan yang dilintasi gajah itu sudah pernah dilalui tim Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bireuen dan BKSDA, saat turun beberapa waktu lalu," jelas Syamsudin.

Kendati tidak menyebabkan korban jiwa, Syamsuddin mengaku kawanan gajah itu tetap menakutkan. Bahkan, beberapa bulan ke belakang warga tak berani kembali ke kebun untuk menggarap lahannya karena takut terhadap gajah.

“Otomatis perekonomian warga juga sulit belakangan ini. Kami berharap dinas terkait bisa turun memastikan keberadaan gajah ini agar memberikan ketenangan bagi warga untuk mencari nafkah,” terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com