Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan, Siswa-siswa Ini Menginap di Kampung

Kompas.com - 24/06/2013, 19:56 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Mengisi liburan sekolah tidak harus berkunjung ke obyek wisata, namun bisa juga diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mendidik. Seperti yang dilakukan oleh siswa-siwa SMK Muhammadiyah Bandongan 1 (SMK Mutu) Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Sebanyak 164 siswa dengan 12 guru pembimbing lebih memilih tinggal dipedesaan daripada berlibur ke luar kota. Mereka mengadakan kegiatan bakti masyarakat melalui kegiatan homestay di Desa Sukoyoso, Kecamatn Kajoran Kabupaten Magelang.

Dijelaskan Karmadi, Ketua Panitia Bakti Masyarakat, mereka tinggal di 11 RT desa setempat selama 4 hari 3 malam. Mereka tidak tinggal di hotel atau losmen tapi mereka tinggal di rumah-rumah penduduk setempat.

"Di sana mereka juga melakukan berbagai pekerjaan yang biasa warga atau induk semang kerjakan sehari-hari, misalnya menanam cabai, bawang merah, merumput, mencari kayu bakar dan berbelanja ke pasar." jelas Karmadi akhir pekan lalu.

Nova, salah satu peserta kegiatan, mengaku antusias mengikuti kegiatan tersebut meski baru pertama kali. Sebab, kata Nova, kegiatan semacam itu dapat melatih siswa untuk dapat menghormati orang lain, berjiwa mandiri, tanggung jawab, kerja sama dan saling empati satu dengan yang lain.

"Kegiatan ini lebih menarik, lebih asik dari pada camping. Karena manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat maupun siswa itu sendiri," ungkapnya.

Sementara itu, menurut Didik Widiyanto, Kadus setempat, kegiatan home stay tersebut merupakan yang keduakalinya. Kegiatan ini, kata Didik, sangat bagus karena manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh warga.

"Anak-anak yang ikut ini mudah-mudahan bisa lebih mandiri, merasakan kehidupan yang nyata di masyarakat," ungkap Didik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com