Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembunuhan Perempuan di Sukoharjo, Para Pelaku Langsung Karaokean Usai Habisi Nyawa Korban

Kompas.com - 27/05/2024, 12:41 WIB
Labib Zamani,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Polisi menggelar rekonstruksi pembunuhan perempuan SER (22) yang mayatnya ditemukan di dekat sebuah pemakaman umum di Desa Jatisobo, Polokarto Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), Senin (27/5/2024).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, rekonstruksi pembunuhan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Tiga orang pelaku dihadirkan dalam rekonstruksi.

Ketiga pelaku berinisial DP (22), RMS (21), dan GS (29) memperagakan adegang dari awal hingga akhir terjadinya tindak pidana pembunuhan.

Baca juga: Pembunuhan Karyawan Toko Pakaian di Sukoharjo Terencana, Pelaku Gasak Uang THR dan Motor Milik Korban

Rekonstruksi pembunuhan disaksikan warga sekitar. Ayah korban Sarno (50) juga turut menyaksikan jalannya rekonstruksi.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit mengatakan, ada 27 adegan diperagakan tiga pelaku pembunuhan dalam rekonstruksi.

Dalam rekonstruksi tersebut pelaku sempat akan memindahkan jasad korban ke tempat lain. Diketahui, setelah korban tewas jasadnya dibuang pelaku di selokan dekat pemakaman Desa Jatisobo.

"Pelaku sempat akan memindahkan dari lokasi penemuan mayat ke tempat lain," kata Sigit seusai rekonstruksi di area pemakaman Desa Jatisobo, Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin.

Tapi, lanjut Sigit pelaku tidak jadi memindahkan mayat korban yang terbungkus plastik ke tempat lain karena sudah mengeluarkan bau.

"Tetapi tentunya tidak jadi. Sehingga pada saat penemuan mayat masih ada di lokasi semula," terang dia.

Sigit juga mengatakan, dari rekonstruksi terungkap pelaku bersenang-senang menuju tempat karaoke di Daerah Kartasura setelah menghabisi korban.

Di mana uang yang mereka gunakan tersebut merupakan hasil dari menjual harta korban berupa HP dan kendaraan melalui COD.

"Dari pelaku habis menjual HP dan kendaraan melalui COD setelah mengeksekusi (korban) sempat karaoke sampai pagi. Dan karaoke tersebut di Daerah Kartasura," ungkap dia.

Sebelumnya diberitakan, sesosok mayat perempuan ditemukan di Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (14/4/2024) pagi.

Baca juga: Identitas Jasad di Sungai Semarang Diketahui, Korban Berusaha Bunuh Diri 3 Kali

Saat ditemukan, wajah korban tertutup plastik hitam. Dari jenazah tersebut menguar bau tak sedap.

Korban diketahui berinisial SER (22), warga Dusun Dlangin Lor, Desa Lemahbang, Kecamatan Jumapolo, Kabupaten Karanganyar, Jateng.

SER bekerja di sebuah toko pakaian di Sukoharjo. SER hilang sejak malam takbiran Idul Fitri atau pada Selasa (9/4/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com