Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Gelar Rapat Perdana dengan Gibran Usai Solo Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Peparnas 2024

Kompas.com - 21/06/2024, 11:16 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mengatakan, Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 dipusatkan di Jawa Tengah.

Adapun venue Peparnas 2024 ada di Solo, Boyolali, Sukoharjo, dan Karanganyar.

Dito menambahkan, alasan Peparnas 2024 dipusatkan di Jawa Tengah setelah Sumatera Utara (Sumut) menyatakan mundur dari tuan rumah.

"Setelah hasil rapat terbatas dengan Bapak Presiden di mana awalnya ada permohonan dari Sumutera Utara untuk mundur dari penyelenggaraan Peparnas dan juga sesuai aspirasi rakernas NPC Indonesia yang memohon pemindahan dilakukan di Jawa Tengah," kata Dito, seusai menggelar rapat perdana dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/6/2024).

Baca juga: Ban Pecah, Terios Terguling di Tol Solo-Ngawi dan 1 Orang Tewas

Rapat perdana persiapan Peparnas 2024 dipimpin secara langsung oleh putra sulung Presiden Jokowi sekaligus Wapres terpilih 2024.

Menurut Dito, penyelenggaraan Peparnas 2024 tinggal lima bulan lagi.

"Hari ini kita melakukan rapat perdana mempersiapkan yang waktunya kurang dari lima bulan. Dari Pemkot Solo dan Wali Kota Solo yang memimpin bersama Kemenpora kita akan melakukan koordinasi dengan intens menyiapkan kesuksesan penyelenggaraan Peparnas," ungkap dia.

Dito juga menyampaikan, alasan Solo dipilih sebagai salah satu venue Peparnas 2024 karena pernah sukses menyelenggaraan ASEAN Para Games.

"Alhamdulillah Solo ini kita lihat sejak 2022 manjadi tuan rumah ASEAN Para Games persiapan venue, baik tempat pertandingan sampai akomodasi hotel ini sudah siap. Dan ini bisa menyelamatkan Peparnas 2024 dan semoga ini bisa menjadi event nasional olahraga yang paling diminati yang kedepan bisa semakin maju," ujar dia.

Ada 14 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam penyelenggaraan Peparnas 2024 di Solo. Kemudian di Boyolali, Sukoharjo dan Karanganyar masing-masing ada empat cabang olahraga.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang menunjuk Solo sebagai tuan rumah penyelenggaraan olahraga tingkat nasional yaitu Peparnas 2024.

Baca juga: SDN Nglarang Sleman Terdampak Tol Yogya-Solo, Pembangunan Gedung Baru Ditargetkan Selesai 6 Bulan

Untuk mendukung penyelenggaraan itu, kata Gibran, Pemkot segera melakukan perbaikan minor di venue Peparnas.

"Terima kasih Pak Menteri atas kepercayaannya Solo dipilih lagi untuk menjadi tuan rumah event olahraga yang cukup besar. Dan karena waktu yang sangat mepet ini harus kita harus kejar mungkin perbaikan-perbaikan minor di beberapa venue," kata dia.

Gibran menegaskan, Solo siap menjadi tuan rumah Peparnas 2024. Kesiapan itu tidak lepas dari kesuksesan Solo dua kali ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Para Games.

"Insya Allah, Solo siap, venue siap, fasilitas siap. Dan pengalaman kami dua kali menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tentunya ini menjadi lebih siap," terang Gibran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com