Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Banjir Demak, Kedalaman Air di Permukiman Masih Capai 60 Cm

Kompas.com - 17/02/2024, 13:04 WIB
Nur Zaidi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

DEMAK, KOMPAS.com - Banjir di Kabupaten Demak yang menggenangi 19 desa di Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Gajah hingga Sabtu (17/2/2024), belum surut sepenuhnya.

Pantau Kompas.com, pukul 11.00 WIB desa yang masih tergenang di antaranya Desa Wonoketingal dan Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar.

Di Desa Wonorejo kedalaman air masih mencapai 60 sentimeter sedangkan di Desa Wonoketingal genangan air 30 sentimeter.

Baca juga: Tinjau Banjir Demak, Pj Gubernur Jateng: Dua Hari Lagi Tanggul Sudah Kuat

Puluhan warga nampak lalu lalang di jalan desa untuk menengok rumah mereka yang terendam sejak Kamis (8/2/2024) dengan ketinggian air mencapai 2,7 meter.

Warga Desa Wonoketingal RT 6 RW 6, Muhamad Jamas (39) mengatakan ketinggian air di kampungnya kini masih selutut orang dewasa.

Kata dia, ketinggian air rumahnya yang sebelumnya mencapai satu leher berangsur surut sejak dua hari terakhir.

"Kira-kira selutut, kemarin dua hari sudah surut, dua hari lima centimeter, 10 centimeter bertahap, dulu sini sampai puser dulu timur sampai ini (leher)," kata dia saat ditemui di Desa Wonoketingal, siang tadi.

Dia mengaku sengaja datang untuk melihat kondisi rumah dan bersih-bersih. "Nengok rumah, alhamdulillah sudah agak surut terus bersih-bersih rumah," ujar dia.

Baca juga: Update Banjir Demak, Desa Karanganyar Mulai Surut, Warga Pulang Bebersih

Sementara Masngali (45) warga Desa Wonoketingal, mengatakan, air yang masuk rumahnya kini masih setinggi 30 centimeter. "Ini ketinggiannya 30 centinan, kemarin 1,5 meter," ujar dia.

Senada dengan Jamas, Masngali juga mengaku datang untuk melihat kondisi rumahnya saat ini. "Mau nengok rumah," kata dia singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com