Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Makassar F8 Dibuka, Atraksi Flypass TNI AU Pukau Walkot Denny dan Masyarakat

Kompas.com - 23/08/2023, 21:24 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Wali Kota (Walkot) Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengaku terpukau dengan aksi tim pilot Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) Landasan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin yang melakukan flypass di pembukaan Makassar International Eight Festival and Forum (Makassar F8), Rabu (23/8/2023).

"Ini pertama kalinya Sukhoi terbang sedekat ini dengan panggung selama ada F8. Komandan Lanud (Danlanud)-nya adalah orang pertama yang juga membuat di F8 selalu ada Sukhoi. Apa yang dibawa luar biasa,” katanya dalam siaran persnya, Rabu. 

Walkot yang akrab disapa Danny Pomanto itu mengatakan, banyak angle yang bisa menggambarkan aksi flypass sehingga membuat semua orang mempersiapkan kameranya.

Acara yang dipusatkan di Pantai Losari Makassar itu dimulai dengan atraksi paramotor yang berhasil memukau penonton yang antusias menyaksikan keahlian para pilot.

Baca juga: Pemkot Makassar dan OC-Global Jepang Teken LOI untuk Kembangkan Industri Perikanan di Pulau Barrang Lompo

Para pilot paramotor terdiri dari Anggota Silek Dislog Lanud Hasanuddin Sujaki dan Anggota PAM Aset Malimpung, Pinrang Syamsul.

Selain atraksi flypass, ada pula atraksi thunder flight dengan formasi tiga pesawat yang dipimpin langsung Komandan Skadron Udara 11 Setyo Budi Pulungan.

Bertindak sebagai Thunder 1 Rino callsign T-Rex dan Satria callsign Magpie, Thunder 2 Mayor Pnb Andry callsign Stellar, dan Thunder 3 Avinash callsign Ababil dan Setyo Budi Pulungan callsign Locust.

Mereka dengan sigap menerbangkan Sukhoi-27/30 di langit biru Makassar, sambil menggambar lintasan indah yang mempesona.

Formasi-formasi presisi yang dihasilkan tim tersebut berhasil menciptakan visual yang memukau serta menunjukkan kemampuan tinggi para penerbang dalam mengendalikan mesin di udara.

Baca juga: Pemkot Makassar Tanggung Semua Biaya Pengobatan Korban Kebakaran Trans Studio

Para penonton terlihat antusias saat menyaksikan atraksi ini. Bahkan, banyak di antara mereka yang melihat ke atas sambil mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel mereka.

Para pilot membentuk berbagai formasi, dimulai dari fomasi V, kemudian bermanuver dengan formasi right echelon

Selanjutnya, mereka melaksanakan simulasi attack sebuah target di darat dengan teknik split attack.

Suasana kegembiraan dan kagum pun terpancar dari wajah-wajah para penonton, termasuk dari Walkot Danny Pomanto, Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Makassar Indira Yusuf Ismail, serta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD), dan tamu undangan lainnya. 

Dengan atraksi udara memukau tersebut, Makassar F8 resmi dimulai dengan penuh semangat. 

Baca juga: Pemkot Makassar Ajak Mahasiswa Kawal Rel Kereta Api Elevated

Rangkaian acara yang beragam dan menarik diharapkan dapat memberikan pengalaman tak terlupakan bagi masyarakat Makassar dan para pengunjung dari berbagai daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com