Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anticut, Sebuah Pertunjukan Musik Tanpa Pemotongan Durasi

Kompas.com - 29/07/2022, 16:11 WIB
Dian Ade Permana,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Resah dengan aturan yang mengekang dalam pertunjukan musik, sekelompok anak muda asal Salatiga menginisiasi Anticut.

Rino Mahendra, inisiator Anticut mengatakan pembatasan waktu dan pemotongan durasi perform bisa membatasi kreativitas musisi.

Baca juga: Pandangan Sineas dan Musisi soal Lagu dan Film Bisa Jadi Jaminan Utang ke Bank

"Di platform ini kami berusaha semaksimal mungkin memfasilitasi penampil secara detail," jelasnya, Kamis (28/7/2022) di Luma Backyard.

Anticut memberi fasilitas pendamping yang dipakai, mulai dari sound, venue, lighting yang memadai, penampil juga tak dibatasi waktu untuk perform. "Sehingga perfoma penampil bisa maksimal saat mempresentasikan karyanya," kata Rino.

Hingga saat ini, Anticut telah berlangsung enam kali. Pada gelaran pertama, mereka memfasilitasi Jono Terbakar (solois Yogyakarta), kedua menampilkan The Jeblogs, Niskala, dan liburan/dirumah.

Ketiga, Anticut menghadirkan The Dare (kuartet tweepop asal Lombok), Tustel, Hoomona, dan Lion. Sementara untuk gelaran keempat, ada Stevian Yudhistira, Listyo Agung, serta Bonita dan Adoy, dan kelima ada penampil Nova Ruth & Filastine yang mengisahkan perjalanan keliling dunia menggunakan kapal Arka Komari, Bagus Dwi Danto, Farid Stevy, Fikri Afif, Bonita dan Adoy, Titi Permata, dan Selectaria.

Pada Anticut keenam, perpaduan Salatiga Blues Club, XNY, serta John Paul Ivan x Take Over mampu menghibur penonton dengan tampilan yang maksimal.

Eks gitaris Boomerang John Paul Ivan menilai konsep acara Anticut sangat keren karena memberi ruang kreasi kepada musisi secara maksimal. "Ini sangat bagus untuk memberi ruang bagi musisi dalam menampilkan karyanya," kata dia.

John Paul Ivan X Take Over yang berpersonel Windy Saraswati (vokal), Joey Naz (drum), Bagus Eyes (gitar), dan Gatot Ari (bass) seolah menebus rasa rindu pada musik rock.

Mereka menyanyikan lagu dari dua album yang telah dirilis V2 dan Take Over, yakni Tantang Dunia, Jangan Modus, Cuma Kamu, Aku Lelah, Sudahi Saja, Jangan Bersedih dan Arti Kemenangan.

Baca juga: Mau Jadi Musisi Kamar? Inilah 7 Peralatan yang Wajib Dimiliki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com