Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik Libur Akhir Tahun, 137.000 Kendaraan Diprediksi Melintas di Tol Tangerang-Merak

Kompas.com - 03/01/2021, 23:41 WIB
Rasyid Ridho,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - ASTRA Tol Tangerang-Merak memprediksi puncak arus balik libur Tahun Baru 2021 terjadi Minggu (3/1/2021) hingga Senin (4/1/2020) dini hari.

"Sesuai prediksi hari ini hingga malam menjadi puncak arus balik libur akhir tahun dengan jumlah lalu lintas kendaraan sebanyak 137.000," kata Kepala Depertemen Manajemen CSR dan Humas PT Marga Mandalasakti, Uswatun Hasanah, Minggu.

Baca juga: PSBB Transisi Diperpanjang, Pemprov DKI Fokus Tekan Kasus Covid-19 Pascalibur Natal dan Tahun Baru

Uswatun mengatakan, hal itu terjadi karena masyarakat mulai beraktivitas kembali pada esok hari.

"Prediksi lalu lintas tersebut merupakan gabungan dari lalu lintas arus balik dan wisata liburan Tahun Baru 2021," ujarnya.

Demi kenyamanan pengguna jalan, ASTRA Tol Tangerang-Merak telah mengoptimalkan seluruh gardu transaksi yang terdapat di 10 gardu tol.

Pengelola juga menyediakan 40 mobile reader yang akan digunakan jika terjadi kepadatan di beberapa gerbang tol.

Pengelola tol Tangerang-Merak juga terus berkoordinasi dengan Kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan di beberapa gerbang tol.

"Dengan demikian diharapkan arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2021 ini berjalan lancar, aman dan nyaman," ucap Uswatun.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, ASTRA Tol Tangerang-Merak menyiapkan posko pengamanan dan posko kesehatan di seluruh rest area, serta pengaturan kapasitas rest area.

"Jika terjadi penumpukan dan keramaian di rest area, diharapkan menggunakan rest area selanjutnya atau bisa menggunakan kantor gerbang tol tardekat," ucap Uswatun.

Baca juga: Bencana Tanah Bergerak di Gunung Beser Sukabumi, Warga yang Khawatir Tinggalkan Rumah

Untuk itu, Uswatun mengimbau pengguna jalan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Serta, menggunakan empat tempat istirahat dan pelayanan di Kilometer 43 & 68 arah Merak dan Kilometer 68 & 45 arah Jakarta dengan tiga peruntukan prioritas, yaitu beribadah, mengisi bahan bakar, dan menggunakan toilet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com