Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

150 Turis China yang Berwisata ke Sumbar Akhirnya Pulang

Kompas.com - 30/01/2020, 18:10 WIB
Perdana Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak 150 turis asal China yang berkunjung ke Sumatera Barat (Sumbar) akhirnya kembali ke Kunming, Kamis (30/1/2020) melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Sumatera Barat.

"Sesuai jadwal mereka kembali ke China. Pada pukul 20.00 WIB nanti dengan pesawat carteran Citilink langsung dari BIM ke Kunming," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial yang dihubungi Kompas.com, Kamis.

Novrial menyebutkan sebelumnya memang ada rencana untuk mempersingkat kunjungan turis asing itu karena adanya penolakan.

Namun usaha agen perjalanan untuk memulangkan turis asing itu lebih awal terkendala dengan tiket pesawat.

"Memang ada rencana mempercepat kembalinya turis asing itu, namun agen perjalanan terkendala tiket sehingga jadwal mereka tetap seperti semula. Hari ini kembali ke China," jelas Novrial.

Baca juga: Dampak Virus Corona, Jumlah Turis China di Bali Zoo Menurun

Novrial mengatakan untuk rombongan turis China tahap kedua yang direncanakan tiba Jumat (31/1/2020) besok dipastikan batal karena adanya larangan dari China untuk warganya ke luar negeri.

"Rombongan kedua yang jadwalnya besok datang itu batal sampai batas yang belum ditentukan. Mungkin sampai wabah virus corona itu berakhir," jelas Novrial.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 150 wisatawan asal China masuk ke Sumatera Barat melalui Bandara Internasional Minangkabau.

Turis itu datang dari Kota Kunming, Provinsi Yunnan, China, menggunakan maskapai Citilink yang dicarter. Mereka mendarat pada Minggu (26/1/2020) pukul 06.24 WIB.

Baca juga: Soal 150 Turis China ke Sumbar, Kemenkes Minta Masyarakat Tak Takut Berlebihan

Kedatangan turis China tersebut mendapat penolakan dari warga sehingga mereka batal berkunjung ke Tanah Datar.

Selain itu, Forum Masyarakat Minang (FMM) mendatangi DPRD Sumbar meminta turis tersebut segera dipulangkan karena masyarakat takut akan wabah virus corona.

Sempat terjadi kesepakatan untuk mempersingkat kunjungan turis China itu, namun dengan alasan tiket pesawat akhirnya turis China itu kembali ke Kunming sesuai jadwal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com