Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Pengendara Motor di Malang Kerap Masuk Jalan Tol

Kompas.com - 10/06/2019, 17:09 WIB
Andi Hartik,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Minimnya rambu lalu lintas di persimpangan Karanglo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, membuat sejumlah pengendara sepeda motor masuk ke dalam tol.

Tidak sedikit pengendara motor yang berbelok ke arah timur atau menuju ke Gerbang Tol Singosari, Tol Pandaan-Malang. Padahal, kendaraan roda dua dilarang masuk ke jalan tol.

"Memang karena penunjuk jalan belum rampung disiapkan dari arah Batu-Surabaya, Kota Malang-Surabaya, Surabaya-Kota Malang dan Batu," kata Kasatlantas Polres Malang AKP William Thamrin Simatupang saat dihubungi, Senin (10/6/2019).

Baca juga: Pengendara Motor: Masuk Tol Mempercepat Waktu, tapi Keamanan Harus Dipikirkan

Semenjak dioperasikannya Tol Pandaan-Malang pada 13 Mei lalu, simpang Karanglo mempertemukan kendaraan dari empat arah. Sisi timur terdapat akses menuju Tol Pandaan-Malang, sisi utara terdapat kendaraan dari arah Surabaya yang menggunakan jalur arteri, sisi selatan dari Kota Malang, dan sisi barat dari Kota Batu.

Di persimpangan itu juga sudah dibangun underpass yang melintang dari utara ke selatan untuk memperlancar arus lalu lintas.

William mengatakan, setelah arus Lebaran usai, pihaknya bersama pihak-pihak terkait akan melengkapi rambu lalu lintas di persimpangan tersebut.

"Karena kemarin, kita kebut untuk pembangunan jalan. Setelah Lebaran ini kita bersama stakeholder akan konsolidasi kembali untuk percepatan hal itu," katanya.

Baca juga: Wacana Motor Masuk Tol, Lembaga Terkait Bisa Kaji Potensi Risikonya

Tidak ada penindakan hukum bagi pengendara roda dua yang salah arus. Petugas kepolisian langsung mengarahkan pengendara tersebut untuk kembali dan keluar dari akses tol.

"Tidak ada penindakan hukum, hanya arahan untuk kembali ke jalur awal, karena kebetulan di sebelah Posyan (Pos Pelayanan) Karanglo ada jalur supaya kembali ke jalan arteri," jelasnya.

William juga sudah membuat video sosialisasi tentang larangan motor lewat jalan tol. Video itu mengambil latar di persimpangan Karanglo.

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan-Malang, Agus Purnomo mengaku belum mengetahui adanya pengendara motor yang salah arah masuk ke akses Tol Pandaan-Malang.

"Saya kok tidak pernah ketemu," katanya.

Sementara itu, polisi masih menerapkan buka tutup arah masuk Gerbang Tol Singosari. Jika terjadi kemacetan, dari arah Kota Malang dan Kota Batu, semua kendaraan langsung diarahkan ke utara.

Kendaraan yang ingin masuk ke tol diimbau untuk memutar balik atau masuk di Gerbang Tol Lawang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com