Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Mekanik Khusus Disiapkan Tangani Kendaraan Mogok di Jalur Mudik

Kompas.com - 28/05/2019, 17:34 WIB
Candra Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANJAR, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Banjar menyiapkan Tim Mekanik saat arus mudik dan balik Lebaran 2019. Tim ini nantinya akan mengatasi kemacetan yang disebabkan adanya kendaraan mogok.

"(Anggota) Tim mekanik kami kerja sama dengan komunitas sepeda motor dan mobil," jelas Kapolres Banjar, Ajun Komisaris Besar Yulian Perdana saat Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2019, di halaman Mapolres Banjar, Selasa sore (28/5/2019).

Tim mekanik, lanjut Yulian, akan disebar di sejumlah titik yang dianggap rawan macet. Selain itu, tim akan siaga di enam pos pelayanan yang dibentuk Polres Banjar.

Selain tim mekanik, ada pula tim penolong lainnya. Tim ini siaga membantu pemudik jika ada yang sakit selama di perjalanan. "Kita dibantu Dinas Kesehatan, PMI, dan Pramuka," jelas Yulian.

Baca juga: Mudik Gesit: Helikopter Disiagakan untuk Evakuasi Pemudik Sakit.

Ihwal titik rawan macet dan laka lantas, Yulian mengatakan, sejauh ini tidak ada trouble spot berarti di jalur mudik Kota Banjar.

"Namun tetap diantisipasi kegiatan mudik di tempat lain. Pengalaman tahun sebelumnya, trouble spot di tempat lain kita kena imbasnya. Oleh karenanya kita sudah siapkan jalur alternatif jika di tempat-tempat lain ada trouble dialihkan ke jalur lancar," kata dia.

Pada operasi Ketupat Lodaya 2019, Polres Banjar menerjunkan 360 personel. Jumlah tersebut ditambah personel lintas sektoral di antaranya petugas Dishub, Satpol PP, dan BPBD.

"Total perkuatan ada 600 personel," jelasnya.

Baca juga: Mudik Gesit: Minimalisir Kecelakaan Arus Mudik, Dishub Ramp Check Tiap Hari

Sementara itu, di jalur mudik wilayah Ciamis, ada dua titik rawan kemacetan yakni simpang Cihaurbeuti dan Sindangkasih. Polres Ciamis sendiri sudah membentuk tim pengurai kemacetan.

"Ada tim pengurai macet, ada tim derek kalau kendaraan mogok terutama di tanjakan-tanjakan. Tim serse bertugas patroli di daerah rawan, baik di perumahan yang ditinggal mudik, dan pusat perbelanjaan," ujar Kapolres Ciamis, Ajun Komisaris Bismo Teguh Prakoso dikonfirmasi Selasa.

Di wilayah Ciamis ada dua pos pelayanan, satu posko utama dan 10 pos pengamanan. Selain itu, ada pula rest area khusus sepeda motor yang dipusatkan di Lapangan sepak bola Cijeungjing.

"Kami siagakan 1492 personel saat arus mudik," jelas Bismo.

Baca juga: Ini Panjang Tol Cisumdawu yang Digunakan untuk Mudik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com