Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, "Bobblehead Figure" Jokowi dan Prabowo Buatan Seniman Boyolali

Kompas.com - 05/03/2019, 14:00 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang seniman pahat asal Boyolali, Iwan Agus Wiryawan (43), membuat kerajinan tangan berupa bobblehead figure yang menyerupai dua calon presiden dalam Pemilu Presiden 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Iwan mengatakan bahwa dirinya membuat bobblehead figure Jokowi dan Prabowo karena saat ini masih memasuki musim kampanye Pilpres 2019.

"Momen pilpres ini saya manfaatkan untuk membuat figure capres dengan konsep pesan damai. Baju capres saya bikin memakai baju adat," ujar Iwan saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (5/3/2019).

"Pada figur yang saya buat, Pak Jokowi tertawa dan Pak Prabowo tersenyum. Lalu saya bikin bagian kepala figure bisa goyang-goyang (bobblehead)," kata dia.

Menurut Iwan, bagian kepala itu bisa digoyang-goyangkan agar menambah kesan tenang dan damai meski dunia perpolitikan tengah memanas.

Bobblehead figure Jokowi dan Prabowo dibanderol seharga Rp 350.000 untuk satu mainan setinggi 18 cm ini.

Dalam pembuatan mainan ini, Iwan mengaku membuatnya dengan bahan resin atau fiberglass.

"Untuk bikin figure ini, awalnya saya membuat master cetakan yang membutuhkan waktu kurang lebih tiga mingguan dengan bahan clay. Proses selanjutnya, dibuat molding dengan silicon rubber," ujar Iwan.

Baca juga: Imlek di Solo, Ladang Rezeki bagi Pedagang Mainan Asal Cirebon

Kemudian, setelah terbentuk wajah dan proporsi badan mainan, Iwan melakukan proses pengecatan sesuai dengan yang ada di foto atau wujud aslinya.

Kerajinan tangan karya Iwan ini alhasil membawa rezeki bagi bapak dua anak ini. Terbukti dalam beberapa hari, ia mengaku memperoleh pendapatan yang lumayan.

Selain itu, Iwan juga mengatakan bahwa dirinya saat ini tengah bekerja di salah satu bank di Solo, Jawa Tengah.

Tak hanya figure Jokowi dan Prabowo saja yang pernah dibuatnya, sejumlah karya figure bikinan Iwan juga bisa dilihat dalam akun Instagram Iwan A Wiryawan, @iwanawcraft yang saat ini telah memiliki 1.219 pengikut.

Karya-karya tersebut, antara lain figure sejumlah mantan presiden seperti Soeharto, BJ Habibie, dan Abdurrachman Wahid. Ada juga mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama, selebritas Irfan Hakim, dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.

Dalam pembuatan figure, tentunya Iwan mengalami kesulitan.

"Tingkat kesulitan ada banyak, dari foto dijadikan figure enam dimensi. Pertama, kita harus paham anatomi tubuh dulu, kedua kita harus mengupayakan untuk mencapai tingkat kemiripan," ujar Iwan.

"Dibutuhkan juga skill atau keahlian yang tidak mudah, butuh belajar," kata dia.

Iwan juga mengaku telah membuka bisnis membuat figure menggunakan resin sejak 2013.

Tak hanya tokoh masyarakat saja, ia juga menerima pemesanan figure dengan desain custome.

Untuk pesanan dengan desain custome, Iwan mematok harga sekitar Rp 2,5 juta-Rp 4 juta untuk figure setinggi 18-20 cm. Harga itu belum termasuk ongkos kirim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com