Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 30 Menit Terbang, Pesawat Lion Air Kembali Mendarat karena Kendala Teknis

Kompas.com - 13/02/2019, 11:26 WIB
Hendra Cipto,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


MAKASSAR, KOMPAS.comPesawat Lion Air JT 780 rute penerbangan Kota Makassar-Kota Palu, diduga mengalami masalah teknis setelah terbang 30 menit di Selat Makassar, Selasa (13/2/2019) pukul 20.20 Wita.

Menurut informasi yang diperoleh, pesawat Lion Air mengalami kendala teknis saat terbang menuju Kota Palu.

Dengan kondisi seperti itu, pilot Lion Air terpaksa mengambil keputusan memutar kembali pesawat dan mendarat darurat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar.

Baca juga: Penumpang Diminta Turun dari Pesawat di Semarang, Ini Penjelasan Lion Air

Penumpang pesawat Lion Air dibuat panik saat pesawat mengalami kerusakan saat terbang. Beruntung, pesawat berhasil kembali mendarat dengan selamat di Makassar.

General Manager AirNav Indonesia Cabang Makassar, Novy Pantaryanto yang dikonfirmasi, Rabu (13/2/2019), membenarkan pesawat LNI 780/PKLGY/B739 rute WAAA/Makassar-WAFF/Palu kembali ke bandara karena masalah teknis.

“Pesawat Lion Air LNI 780/PKLGY/B739 rute WAAA/Makassar-WAFF/Palu return to base (RTB) due technical problem. Landing di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sekitar pukul 22.24 Wita. Kami hanya diinfokan kendala teknis saja. Detailnya, tim Lion Air yang mengetahuinya,” singkat Novy.

Baca juga: Kemenhub: Lion Air Group Belum Maksimal Sosialisasikan Tarif Bagasi

Sementara itu, koordinator Lanside Lion Air Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Ari yang dikonfirmasi mengaku, tidak mengetahui adanya pesawat yang RTB akibat masalah teknis.

“Saya belum tahu itu, soalnya saya sudah dua hari cuti tugas. Biasanya sih kalau ada RTB, penumpang dialihkan ke pesawat lain dan penerbangan dilanjutkan,” kata dia.

Kompas TV Hari ini maskapai Lion Air dan Wings Air mulai memberlakukan tarif bagasi bagi penumpang domestik. Langkah ini akan disusul oleh maskapai Citilink, setelah masa sosialisasi selama 2 pekan sistem bagasi berbayar diberlakukan penumpang Lion Air dan Wings Air hanya diberikan fasilitas bagasi kabin gratis seberat 7 kilogram dan satu barang pribadi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com