Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota TNI Tewas Tersambar Petir Seusai Latihan, 3 Rekannya Kritis

Kompas.com - 15/01/2019, 08:13 WIB
Abdul Haq ,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

GOWA, KOMPAS.com - Seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) bernama Peltu Onik  tewas tersambar petir, Senin (14/1/2019) pukul 16.00 Wita. Tiga rekannya dalam keadaan kritis.

Saat itu, mereka baru saja memimpin latihan Siswa Sekolah Calon Bintara (Secaba) TNI Angkaran Darat di lokasi pelatihan Secaba TNI AD di pegunungan Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Saat itu empat korban, masing-masing Peltu Onik, Pelda Andi Safri dan Serka Basri serta Koptu Saiful yang merupakan pelatih Secaba TNI AD bernaung di gubuk persawahan pasca-latihan.

"Terjadi pasca-latihan, keempatnya melakukan cek akhir memantau lokasi latihan namun dan pada saat yang bersamaan, hujan deras disertai petir melanda dan keempatnya bernaung di gubuk sawah," kata Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XIV/ Hasanuddin Kolonel Infanteri Alamsyah saat dikonfirmasi, Selasa (15/1/2019).

Baca juga: Kronologi Pesawat Asing Dipaksa Turun TNI AU di Batam dalam 20 Menit

Kolonel Infanteri Alamsyah menuturkan bahwa saat peristiwa terjadi, seluruh Siswa Secaba TNI AD yang mengikuti latihan sudah kembali ke Markas Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) XIV/ Hasanuddin.

Hanya sejumlah pelatih yang masih berada di lokasi latihan untuk melakukan tugas cek akhir lokasi pelatihan.

Ketiga korban kritis saat ini masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit Pelamonia Makassar, sedangkan jenazah Peltu Onik telah disemayamkan di rumah duka, Dusun Berdikari Satu, Desa Mataallo, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com