Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Korban Tsunami Selat Sunda, ACT Sumsel Lakukan Penggalangan Dana

Kompas.com - 25/12/2018, 20:24 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Selatan melakukan  penggalangan dana untuk korban tsunami Selat Sunda. Sejak dua hari dibuka pada Minggu (23/12/2018), dana sebesar Rp 500 juta telah berhasil dikumpulkan dari para donatur.

Branch Manager (BM) Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumsel Ardiansyah mengatakan, dana yang dikumpulkan itu nantinya akan disalurkan secara bertahap ke lokasi bencana. Seluruh dana tesebut, diungkapkan Ardiansyah hampir semuanya mengirimkan uang.

"Memang dari awal, kita imbau untuk lebih baik memberikan bantuan berupa uang, karena memang sangat dibutuhkan. Tetapi kita juga tidak menutup, jika ada yang ingin menyumbangkan logistik atau yang lainnya, sekarang sudah berhasil terkumpul Rp 500 juta," kata Ardiansyah, Selasa (25/12/2018).

Baca juga: BNPB: Korban Tsunami Selat Sunda Masih Butuh Bantuan

Ardiansyah melanjutkan, 11 relawan dari ACT juga akan dikirimkan ke lokasi bencana untuk membantu para korban. Seluruh terdiri sembian relawan rescue dan dua medis.

"Relawan dikirim ke Lampung, untuk membantu proses evakuasi,  besok sudah sampai ke lokasi. Sekarang baru 11 mungkin akan ditambah lagi (jumlah relawan)," ujarnya.

Dilanjutkannya, seluruh relawan yang dikirim telah terampil untuk melakukan proses evakuasi para korban bencana. Sebab, para relawan itu pernah bertugas di lokasi bencana Lombok dan Palu.

"Semuanya sudah mengerti cara untuk mengevakuasi para korban," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com