Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kabupaten dan Kota di Riau Hingga Saat Ini Masih Dilanda Banjir

Kompas.com - 17/12/2018, 23:42 WIB
Citra Indriani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Jujan melanda Provinsi Riau menyebabkan sejumlah kabupaten dan kota terendam banjir.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, tercatat enam kabupaten dan kota di Riau yang masih diterjang banjir, yakni Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kota Pekanbaru, Bengkalis dan Pelalawan.

"Dari enam kabupaten dan kota yang mengalami banjiran ini, terdapat sekitar 4.180 KK (kepala keluarga) yang terdampak," kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger pada Kompas.com, Senin (17/12/2018).

Data tersebut tercatat selama penanganan bencana alam, banjir, sejak sepekan lalu. Namun, hingga saat ini masih banyak rumah warga yang terendam banjir dengan ketinggian 50 centimeter hingga satu meter lebih.

"Ada yang sudah surut. Salah satunya di Kabupaten Kampar, itu air mulai turun, seperti di Kecamatan Rumbio Jaya, Kampar, Kampar Utara dan Kecamatan Kampa," kata Edwar.

Baca juga: Desa di Kampar Riau Ini Sudah 15 Hari Kebanjiran, Warga Butuh Bantuan

Untuk bantuan, Edwar mengatakan sudah disalurkan kepada korban banjir. Bantuan tersebut berupa sembako, obat-obatan dan makanan tambahan ibu hamil dan bayi.

Dia mengatakan, Jumat (17/12/2018) tadi pagi, BPBD Riau bersama Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Desa Buluh Cina.

"Tadi saya bersama Pak Gubernur Riau dan jajaran Forkompimda telah menyerahkan bantuan 1 ton beras, 200 kotak mi instan, obat-obatan, dan air bersih," sebut Edwar.

Baca juga: Anak-anak Korban Banjir di Kampar Riau Makan Nasi dan Mi Instan

Melihat kondisi banjir yang masih parah di Desa Buluh Cina dan wilayah lainnya, Edwar mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

"Terlebih lagi anak-anak yang bermain di lokasi banjir. Sehingga para orangtua kita imbau agar dapat mengawasi anak-anaknya," tutup Edwar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com