Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Ringkus Rampok Spesialis Nasabah Bank, Aksinya Sempat Viral

Kompas.com - 05/10/2018, 09:40 WIB
Farida Farhan,
Khairina

Tim Redaksi

 

KARAWANG, KOMPAS.com-Polres Karawang meringkus kawanan perampok spesialis nasabah bank di flyover Ahmad Yani Karawang. Penangkapan ini sempat membuat geger masyarakat lantaran diduga penyergapan teroris.

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya mengungkapkan, pihaknya menangkap 3 anggota kawanan perampok spesialis nasabah bank, yakni AD, G, dan A, Rabu (3/10/2018).

Mereka merupakan residivis kasus pencurian dengan kekerasan (curas) dan senpi. Sementara 4 lainnya masih menjadi buron polisi alias DPO.

"Kawanan ini beraksi tiga kali, dua di Karawang dan satu kali di Cianjur," ujar Slamet saat rekonstruksi penangkapan kawanan perampok tersebut di Bank BJB Karawang, Kamis (4/10/2018).

Penangkapan tersebut, kata dia, berawal dari laporan dari masyarakat yang menjadi korban perampokan sebesar Rp 200 juta usai mengambil uang dari bank. Polisi kemudian menyelidiki kasus tersebut.

"Mereka diringkus saat akan beraksi di flyover Ahmad Yani. Mereka tengah membuntuti korbannya," katanya.

Baca juga: Lagi-lagi Rampok Beraksi di Toko Apple yang Ramai

Sebelum beraksi, kata dia, para pelaku berbagi tugas mulai dari mengintai korban saat mengambil uang di bank, menguntit, hingga melancarkan aksi curas dengan pecah kaca atau perampasan paksa.

Selain menangkap pelaku yang kerap beraksi dengan modus pecah kaca itu, polisi juga mengamankan satu mobil dan tiga sepeda motor.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kawanan perampok ini disangkakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana maksimal tujuh tahun penjara.

Sempat Viral

Pembekukan kawanan perampok tersebut sempat viral di media sosial Facebook. Warga yang kebetulan melintas di flyover Ahmad Yani turut mengerubungi petugas. Sebagian di antaranya mengabadikan aksi polisi.

Bahkan, awalnya warga menduga itu merupakan penangkapan terduga teroris. Polisi kemudian mengklarifikasi bahwa saat itu tengah menangkap para pelaku curas.

Kompas TV Pelaku kini menjalani pemeriksaan psikologi di Polda Banten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com