Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pengungsian, Prabowo Minta Korban Gempa Lombok Tetap Tabah

Kompas.com - 05/09/2018, 14:27 WIB
Fitri Rachmawati,
Reni Susanti

Tim Redaksi

LOMBOK BARAT, KOMPAS.com - Kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, disambut hangat ratusan warga Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, Rabu (5/9/2018).

Prabowo mengunjungi sejumlah tenda pengungsian termasuk seorang warga yang mengalami lumpuh.

Ia mengaku akan segera memberikan sumbangan yang dibutuhkan para pengungsi khususnya warga di Lombok Barat dan wilayah Lombok lainnya.

Pada Kompas.com di sela-sela menelusuri tenda pengungsi, Prabowo mengaku sangat berduka atas musibah gempa yang dihadapi masyarakat Lombok.

Baca juga: Prabowo Kunjungi Pengungsi Gempa Lombok

“Ya kita turut prihatin, turut bela sungkawa, dan kita akan berusaha untuk bergerak memberi bantuan,” tutur Prabowo sambil berlalu.

Kedatangan Prabowo yang juga bakal calon presiden Republik Indonesia itu didampingi Titik Soeharto dan sejumlah pengurus Partai Gerindra serta simpatisan partai.

Prabowo menyempatkan masuk dalam tenda warga yang mengalami lumpuh karena tertimpa reruntuhan bangunan. Ia menyalami dan memintanya tetap tabah.

Tak berselang lama, Prabowo meninggalkan Desa Guntur Macan kemudian melintasi Desa Dopang dan bersalaman dengan warga di sana. Kemudian ia bertolak ke Jakarta

Baca juga: Gerindra Kirim 6 Nama untuk Jubir Prabowo-Sandiaga

Kepala Desa Guntur Macan, Murni mengatakan, dari data yang diterimanya, jumlah pengungsi sebanyak 925 kepala keluarga dengan total jiwa 2.816 jiwa.

Di desa tersebut, 99 persen rumah warga rusak berat atau hancur. Saat ini terdata 14 titik pengungsian. Dua titik di Desa Guntur Macan yaitu Dusun Apit Aik dan Dusun Guntur Macan, Desa Guntur Macan, Lombok Barat.

Murni berharap, kedatangan Prabowo akan menyumbangkan hunian sementara (huntara) bagi warga.

“Masyarakat sangat antusias atas kedatangan Prabowo. Kami berharap Prabowo bisa membantu Huntara bagi kami yang sudah terlalu lama berada di pengungsian, kami bangga Prabowo datang,” tutupnya. 

Kompas TV Simak dialognya dalam Kompas Petang berikut ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com