Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Asian Games, Polda Jabar Amankan 1.832 Orang yang Dianggap Meresahkan

Kompas.com - 08/07/2018, 14:33 WIB
Agie Permadi,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Guna menyukseskan even internasional Asian Games pada 18 Agustus 2018 di Jawa Barat, Polda Jabar berkomitmen untuk menciptakan keamanan dalam menyambut gelaran pesta olahraga se-Asia tersebut.

Hal tersebut dibuktikan dengan digelarnya operasi cipta kondisi. Sejak tanggal 4 Juli 2018 hingga hari ini, Minggu (8/7/2018), sebanyak 1.832 orang yang dianggap meresahkan telah diamankan Polda Jabar dan jajarannya.

"Selama 4 hari Polda lakukan penangkapan 1.832 orang, dari semua itu yang bisa kita tingkatkan penyidikan ada 95 laporan, dengan tersangka 285 orang," jelas Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Mapolrestabes Bandung, Kota Bandung, Minggu.

Baca juga: Ada Asian Games, Sandiaga Akan Pindahkan PKL di Sekitar FX Sudirman ke Dalam Gedung

Operasi cipta kondisi ini dilakukan petugas di beberapa tempat keramaian seperti terminal, stasiun, pasar, dan jalanan yang dianggap rawan terjadinya kejahatan jalanan.

Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harti Karyawan tengah memantau kesiapan TPS di Wilayah Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung. Dok Humas Polda Jabar Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harti Karyawan tengah memantau kesiapan TPS di Wilayah Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung.

Khusus di Kota Bandung, lanjutnya, ratusan tersangka telah diamankan, bahkan beberapa diantaranya dilakukan tindakan tegas terukur karena melawan petugas saat akan diamankan.

"Khusus Polrestabes Bandung, 270 orang yang ditangkap, ditingkatkan menjadi penyidikan 28 laporan dan 51 tersangka, juga ada beberapa tersangka yang dilakukan tindakan tegas," ucapnya.

Baca juga: Asian Games, Menkominfo Siagakan Pasukan Khusus Atasi Serangan Siber

Agung mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersatu padu membantu aparat kepolisian dan TNI untuk bisa mengamankan jalannya pesta olahraga se-Asia nanti.

"Kita di Jabar ada lima venue (Asian game) yang tersebar di beberapa kota di Jabar. Kami juga akan lakukan pengamanan akomodasi, tempat menginap dan lainnya," katanya.

Kompas TV Panitia pelaksana Asian Games 2018, INASGOC, telah menggelar drawing resmi sesi pertama bagi 7 nomor cabang olahraga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com