Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timses: Dua Mantan Presiden Bakal Hadiri Kampanye Akbar Harno-Fitri di Palembang

Kompas.com - 06/04/2018, 19:34 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kampanye akbar calon wali kota dan wakil wali kota Palembang nomor urut 1 Harnojoyo-Fitri Agustinda yang akan digelar pada Minggu (8/4/2018) bakal dihadiri dua mantan dua presiden Republik Indonesia.

Keduanya ialah Megawati Soekarno Putri (Presiden ke-5 RI) sebagai ketua umum Partai PDI Perjuangan dan Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden ke-6 RI) sebagai ketua umum Partai Demokrat.

Wakil Ketua Tim Kemenangan Harno-Fitri, Zuhri Lubis mengatakan, meskipun dua mantan presiden tersebut masih terfokus untuk kampanye di Jawa Timur, namun mereka akan berupaya dapat hadir ke Palembang sebagai juru kampanye.

"Untuk pak SBY nantinya akan datang bersama putranya AHY, begitu juga dengan ibu Megawati. Kedua tokoh penting itu konfirmasi terakhir berupaya untuk dapat hadir," kata Zuhri Lubis, Jumat (6/4/2018).

Zuhri pun mengklaim, kampanye Harno-Fitri merupakan acara terbesar dalam Pilkada Serentak 2018 di seluruh Indonesia. Sebab, sejumlah tokoh nasional akan hadir dalam acara tersebut.

Baca juga : Terus Dilanda Banjir, Kota Palembang Butuh 60 Kolam Retensi

Mereka akan menyusuri Sungai Musi dengan menggunakan perahu getek menuju panggung acara yang berada di Benteng Kuto Besak (BKB).

"Cak Imin juga bakal hadir. Nanti tokoh nasional menyusuri Sungai Musi dan diiringi oleh 500 kapal getek," ujar Zuhri.

Calon Wali Kota Palembang Harnojoyo menambahkan, dia memperkirakan 50.000 orang akan menghadiri kampanye tersebut.

Visi-misi Palembang Emas, serta program-program andalan mereka juga akan disampaikan kepada masyarakat.

Salah satu programnya adalah menghidupkan kembali fungsi anak sungai di Palembang serta gotong-royong yang selama ini membuat kota menjadi bersih.

"Kami khawatir akan terjadi kemacetan akibat acara tersebut. Kami sebelumnya memohon maaf kepada masyarakat Palembang, jika memang hal itu terjadi," ujar pria yang akrab disapa Harno ini.

Baca juga : Tingkatkan Pelayanan, Palembang Pensiunkan Bus Tua

Harnjoyo dan Fitrianti Agustinda diusung enam partai besar, yakni Demokrat, PDI Perjuangan, PAN, PBB, PKB dan Hanura.

Pemilihan Kepala Derah Kota Palembang sendiri diikuti oleh empat pasangan calon. Selain Harnojoyo-Fitrianti yang merupakan pasangan calon nomor urut 1, juga Sarimuda-Abdul Rozak nomor urut 2, Akbar Alfaro-Hernoe nomor urut 3 dan Mulris Djahri-Saidin Ali nomor 4.

Kompas TV Hasilnya satu di antara tiga anggota tersebut tidak ikut dalam pungutan liar dan dua anggota satlantas lainnya yang diduga kuat melakukan pungli.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com