Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Warga Ijen Sempat Menolak Mengungsi

Kompas.com - 22/03/2018, 10:13 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Enam warga di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (21/3/2018) malam, sempat menolak dievakuasi. Pasalnya, salah satu anggota keluarga mereka, mengalami lumpuh.

Kapolres Bondowoso, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi menjelaskan, setelah dilakukan evakuasi, pihaknya langsung melakukan evaluasi dengan pihak desa setempat. Itu dilakukan untuk memastikan apakah seluruh warga sudah diungsikan atau belum.

“Ternyata ada satu keluarga sebanyak enam orang menolak untuk dievakuasi ke daerah aman, lantaran ada salah satu anggota keluarga mereka yang sudah sepuh (tua) mengalami lumpuh,” ungkap Taufik, Kamis (22/3/2018).

Akhirnya, pihaknya bersama tim evakuasi menuju rumah warga tersebut dan meminta mereka segera mengungsi. “Awalnya ngak mau, tapi setelah kami bawakan ambulans, akhirnya mereka mau untuk mengungsi,” tambahnya.

(Baca juga : Korban Keracunan Kawah Ijen Dirawat Intensif di RS Bondowoso )

Lokasi pengungsian, sambung Taufik, tersebar di sejumlah titik. Di antaranya, Puskesmas Ijen, kantor desa, masjid, Polsek, Koramil, dan beberapa tempat lainnya.

“Jumlah pengungsi masih kami update, karena kami terus berkoordinasi dengan BPBD setempat,” pungkas Taufik. 

Kompas TV Paparan belerang terdampak di tujuh dusun yang berada di lereng Gunung Ijen.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com