Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Puncak Musim Hujan di Bandung Diprediksi Maret Ini

Kompas.com - 05/03/2018, 16:38 WIB
Dendi Ramdhani,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung menyebutkan, bulan Maret merupakan puncak musim hujan di kawasan Bandung Raya. Kondisi itu diperkirakan akan terjadi hingga April mendatang.

"Wilayah Bandung dan sekitarnya berada pada puncak musim hujan. Jadi curah hujan tertinggi selama setahun itu terjadi pada Maret ini. Wajar apabila beberapa hari ini hujan cukup tinggi dan relatif merata," ujar Kepala BMKG Stasiun Bandung Toni Agus Wijaya saat dihubungi via telepon seluler, Senin (5/3/2018).

Toni mengatakan, hujan berintensitas lebat akan turun disertai angin kencang dan petir. Kondisi itu telah terjadi di kawasan Bandung Raya setidaknya dalam sepekan terakhir.

"Karakter hujan umumnya pagi berawan, siang atau sore terjadi intensitas hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan di beberapa lokasi disertai angin kencang," ucapnya.

Baca juga: Saat Musim Hujan, Volume Sampah di Jakarta Meningkat

Adapun tipe angin, sambung Toni, umumnya bergerak secara horizontal dengan kecepatan hingga 40 km per jam. Kondisi itu terjadi lantaran adanya perbedaan tekanan udara dan suhu permukaan tanah.

"Tipe angin kencang yang terjadi memang beragam, tapi umumnya gerakan horizontal berbeda dengan puting beliung diawali dengan munculnya awan cumulonimbus yang hitam pekat, yang terjadi beberapa hari ini angin kencang berkekuatan sedang, berkecepatan 40 km per jam," tuturnya.

Tingginya curah hujan turut meningkatkan potensi bencana banjir dan longsor. Toni mengatakan selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memberikan informasi kondisi cuaca terkini.

"Dari awal musim hujan lalu kami update setiap harinya, setiap jamnya koordinasi dengan pemerintah daerah juga sangat erat, terutama dengan BPBD. Potensi kondisi ekstrem terus kami amati agar dapat mengurangi dampaknya," kata Toni.

Baca juga: Dua Rumah di Tarakan Terkena Tanah Longsor akibat Hujan Deras

Dia pun mengimbau kepada masyarakat di Jawa Barat, khususnya Bandung Raya, agar meningkatkan kewaspadaan selama puncak musim hujan.

"Masyarakat bisa melakukan hal sederhana, misalnya memeriksa saluran air, memeriksa cabang pohon yang terlalu rimbun yang dikhawatirkan jika tertiup angin bisa patah," ujarnya.

Kompas TV Cuaca buruk diprediksi akan terjadi hingga sepekan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com