Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuliati, TKI yang Derita Lupus di Taiwan Akhirnya Pulang ke Banyuwangi

Kompas.com - 19/02/2018, 16:08 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Yuliati (31), tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Dusun Sumberjambe, Desa Temurejo, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi akhirnya pulang dan kembali ke keluarganya.

Yuliati merupakan TKI yang dirawat di Taichung Hospital Ministry of Health and Welfire, Taichung City, Taiwan, selama 38 hari. Ia menderita penyakit lupus dan diabetes.

Yuliati sampai di Bandara Juanda, Surabaya, Sabtu (17/2/2018) malam. Ia dijemput ambulans dari LP3TKI Surabaya didampingi satu dokter dan dua Perawat dari Rumah Sakit Islam Jemursari, Surabaya.

Rombongan langsung bertolak ke Banyuwangi dan tiba di RSUD Genteng Banyuwangi, Minggu (18/2/2018) pagi.

(Baca juga : Pinta Keluarga terhadap TKI Yuliati yang Derita Lupus di Taiwan )

"Alhamdulillah adik saya sudah sampai tanah air dengan selamat dan mulai datang di rumah sakit dirawat di RSUD Genteng. Saat pulang adik saya ditemani agensi dari sana," jelas Juminah Hariyati (42), kakak kandung Yuliati saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/2/2018).

Ia mengatakan, kondisi adiknya sudah membaik. Namun ia masih sulit diajak komunikasi karena suaranya masih terdengar serak dan lemas. Selain menderita lupus, Yuliati juga menderita diabetes.

"Untuk detailnya saya nggak tau. Katanya kena diabetes karena ada bekas luka yang sudah kering. Kakinya juga bekas dioperasi," jelasnya.

Saat pulang, Yuliati hanya membawa baju miliknya dan tidak membawa banyak uang hasil kerjanya selama 9 tahun di luar negeri.

"Uang, materi bisa dicari tapi nyawa nggak bisa dibeli. Adik saya bisa pulang dekat sama keluarga sudah alhamdulillah sekali. Kalo dekat gini kan keluarga sama-sama tenang," katanya.

 

(Baca juga : Kronologi Tewasnya TKI Adelina di Malaysia)

Apalagi keluarga sama sekali tidak dibebani biaya. Sebab biaya kepulangan Yuliati ditanggung negara.

Diberitakan sebelumnya, Yuliati, TKI asal Banyuwangi dirawat di Taichung Hospital Ministry of Health and Welfire, Taichung City, Taiwan, sejak 1 Januari 2018 lalu karena menderita lupus dan diabetes.

Yuliati sudah bekerja selama 9 tahun dan sempat pulang dua tahun lalu untuk menikah.

Kompas TV Pemerintah Indonesia dan Malaysia kini terus mengawal kasus ini dan akan memastikan hak-hak Adelina Lisau terpenuhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com