Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kobaran Api hingga 10 Hektar, Kebakaran Hutan di Gunung Talang Mulai Reda

Kompas.com - 02/02/2018, 14:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Talang yang terletak di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, sempat dilanda kebakaran mulai dari Kamis (1/2/2018) siang.

Namun, pada Jumat (2/2/2018) siang, kebakaran yang melanda hutan di gunung yang berketinggian 2.597 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut sudah mulai padam.

"Dini hari tadi di puncak gunung sempat gerimis, jadi tadi pagi api sudah padam dan hanya mengeluarkan asap," kata Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBDKabupaten Solok, Dasril, Jumat.

Selain gerimis, lanjutnya, tiupan angin yang berembus ke arah timur, yaitu ke puncak gunung, juga membuat api cepat padam karena puncak gunung itu merupakan lahan tandus.

Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, ujar Dasril, memperkirakan bahwa luas hutan Gunung Talang yang terbakar sejak Kamis (1/2/2108) siang itu diperkirakan mencapai 10 hektar.

"Ini baru perkiraan dari Dinas Kehutanan Provinsi. Angka pastinya belum bisa diketahui karena petugas gabungan masih di lapangan. Kalau penyebabnya belum diketahui hingga sekarang," ucapnya.

Baca juga: BNPB: Daerah yang Langganan Kebakaran Hutan Berkurang pada 2017

Dia menjelaskan, tim yang menangani kebakaran itu dibagi menjadi tiga kelompok dan terdiri dari relawan BPBD Provinsi Sumbar, BPBD Kabupaten Solok, Dinas Kehutanan Provinsi, Satpol PP Pemkab Solok, dan relawan dari Garuda Taruna Kabupaten Solok.

Tim gabungan itu telah bergerak ke lokasi kebakaran hutan sejak Kamis sore melalui tiga arah, yaitu Bukik Sileh, Aia Tawa, dan dari arah Aia Batumbuk.

"Tim gabungan di lokasi kebakaran kesulitan memadamkan api karena peralatan tidak bisa dibawa ke lokasi kebakaran. Rencananya, tim akan membuat hiliran api kalau api meluas. Tapi karena sudah padam, rencana itu dibatalkan," ujar Dasril.

Dia menambahkan, meski api sudah padam, masih ada dua titik lokasi kebakaran yang mengeluarkan asap.

Namun, tim gabungan yang berada di lapangan akan mengusahakan agar kebakaran tidak kembali terjadi.

"Kondisi cuaca di Kabupaten Solok sekarang panas. Dua titik di dekat puncak gunung masih berasap. Agar kebakaran tidak kembali terjadi, makanya petugas di lapangan masih terus menyusuri titik-titik tersebut untuk mengantisipasi," tutur Dasril.

Kompas TV Hutan Gunung Guntur di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogongkaler, Kabupaten Garut, terbakar. Diduga, kebakaran terjadi karena kemarau panjang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com