Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berseragam Loreng, Panglima TNI Silaturahim dengan Ulama Se-Jawa Timur

Kompas.com - 30/01/2018, 15:40 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersilaturahim dengan sejumlah ulama se-Jawa Timur di Pondok Pesantren An-Nur 1, Bululawang, Kabupaten Malang, Selasa (30/1/2018).

Memakai seragam loreng khas TNI, mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu tiba sekitar pukul 12.41 WIB. Kedatangannya disambut langsung oleh Wakil Rais Aam PBNU, KH Miftahul Akhyar.

Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur 1, KH Ahmad Fahrur Rozi mengatakan, silaturahmi itu dihadiri oleh 70 kiai yang berasal dari sejumlah daerah di Jawa Timur.

"Hanya silaturahim saja. Jadi kiai ini ingin lebih dekat dengan Panglima," katanya.

Melalui ajang silaturahim ini, pihaknya berharap sinergi antara TNI dan para kiai bisa meningkat untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Kami ingin ada suasana yang kondusif. Jadi antara pihak keamanan dan kiai ini saling menjaga," ungkapnya.

(Baca juga : Baru Dilantik, Panglima TNI Ziarah ke Makam Jenderal Sudirman)

Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur, Anwar Iskandar, mengatakan, sejak negara ini berdiri, para kiai, khususnya kiai yang memiliki kultur Nahdlatul Ulama (NU) sudah berkomitmen untuk menjaga keutuhan negeri.

"Tanggung jawab ini sudah kita mulai sejak negara ini berdiri. Kita mempunyai tanggung jawab besar untuk menjaga negara ini," tuturnya.

Ajang silaturahim dengan para ulama itu dilaksanakan di sela kunjungan dinas Panglima TNI. Sebelum menuju tempat silaturahim, Hadi terlebih dahulu melaksanakan kunjungan dinas ke Markas Divisi Infanteri 2 Kostrad di Singosari.

Selain itu, Panglima TNI juga dijadwalkan mengadakan kunjungan ke Pendopo Kabupaten Malang yang ada di Jalan Agus Salim, Kota Malang, sebelum kembali lepas landas ke Jakarta.

Kompas TV Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengisyaratkan jika TNI masih menjunjung tinggi netralitas TNI.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com