Ditelantarkan Orangtuanya, Bocah Marwah Berjuang Lawan Penyakit Gagal Ginjal - Kompas.com

Ditelantarkan Orangtuanya, Bocah Marwah Berjuang Lawan Penyakit Gagal Ginjal

Kontributor Polewali, Junaedi
Kompas.com - 12/01/2018, 14:01 WIB
Lantaran ditelantarkan orangtuanya, bocah Marwah yang berjuang melawan gagal ginjal dan hanya dirawat tetangganya.KOMPAS.com/ Junaedi Lantaran ditelantarkan orangtuanya, bocah Marwah yang berjuang melawan gagal ginjal dan hanya dirawat tetangganya.

MAMUJU, KOMPAS.com — Marwah (8), bocah perempuan yang didiagnosis menderita penyakit gagal ginjal, berjuang seorang diri melawan penyakitnya.

Kondisi bocah asal Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat, ini memperhatinkan. Ia ditelantarakan orangtuanya sejak mereka bercerai beberapa tahun lalu. Marwah hanya dirawat tetangga yang perihatin dengan nasib bocah tersebut.

Marwah pun dibawa ke Rumah Sakit Mamuju atas inisiatif tetangganya. Dia terpaksa meninggalkan bangku sekolah dasar demi menjalani pengobatan gagal ginjal di RSUD Mamuju. Marwah kini menjalani rawat inap di ruang perawatan Cempaka 05 RSUD Mamuju.

Sejak kedua orangtunya berpisah beberapa tahun lalu, Marwah hanya tinggal dan hidup tak menentu di rumah tetangganya. Bocah ini sempat disekolahkan di SD terdekat. Belakangan, bocah tersebut mengalami pembengkakan di bagian perut dan sesak napas.

Dokter mendiagnosisnya terserang penyakit gagal ginjal sehingga harus cuci darah secara rutin.

“Sejak sakit dan perutnya bengkak sudah tidak sekolah lagi. Kedua orangtuanya sudah cerai. Selama ini hanya tinggal dengan saya,” ujar Maruyah, tetangga yang merawat Marwah, kepada Kompas.com, Jumat (12/1/2108).

Baca juga: Derita Bayi Arsyil yang Perutnya Membesar dan Terancam Gagal Ginjal

Meski telah menjalani perawatan selama seminggu di rumah sakit, kata Maruyah, kondisi Marwah belum pulih karena harus menjalani beberapa tahap pengobatan. Sementara bocah yang tak memiliki kartu BPJS tersebut harus menggunakan obat yang harganya cukup mahal.

Maruyah berharap uluran tangan dan bantuan pemerintah atau dermawan untuk membantu membiayai kelanjutan pengobatan Marwah. Ia berharap bocah Marwah bisa segera sembuh dan tak kehilangan masa depan pendidikannya.

Kompas TV Sang paman sudah tiga kali melakukan percobaan penculikan.

PenulisKontributor Polewali, Junaedi
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM