Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Pelabuhan Senilai Rp 70 Miliar di Mamuju Utara Mangkrak

Kompas.com - 15/12/2017, 08:57 WIB
Junaedi

Penulis

MAMUJU UTARA, KOMPAS.com - PT Gaya Bhakti, kontraktor pembangunan proyek pelabuhan Pasangkayu senilai Rp 70 miliar dari APBN pada 2012 di Desa Pangiang, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, diduga kabur dan tidak membayar kewajiban pajaknya hingga ratusa juta rupiah ke pemerintah daerah.

Petugas Dinas Pendapatan Mamuju Utara yang mencari sang kotraktor hingga ke Makassar tak membuahkan hasil. Akibatnya, Dispenda Matra mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Mamuju Utara Abdul Wahid yang ditemui Jumat (15/12/2017) Mengatakan, pihaknya sudah sering menyurati PT Gaya Bhakti dan bahkan mendatangi langsung alamat perusahaan di Jalan Rappocini, Makassar, namun pihak kontraktor ternyata tidak ditemukan.

“Petugas telah mencari kontraktor PT Gaya Bhakti ke berbagai lokasi, termasuk di kantornya di Makassar, tapi sampai hari ini belum menghadap ke Dispenda,” jelas Abdul Wahid kepada Kompas.com.

Baca juga : Presiden Jokowi Resmikan Tol Soroja yang Mangkrak sejak 1996

Menurut Abdul Wahid, pihak PT Gaya Bhakti selama mengerjakan proyek pelabuhan Pasangkayu tidak pernah berkoordinasi dengan pemda. Bahkan, nilai kontraknya pun tidak pernah diperlihatkan ke dispenda, sehingga jumlah pajak yang harus dibayar oleh PT Gaya Bhakti belum diketahui. Namun nilainya diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Walau pelabuhan tersebut telah rampung, namun hingga saat ini tak kunjung digunakan. Bahkan beberapa bagian bangunan sudah mulai mengalami kerusakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com