Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKS Targetkan Raih 51 Kursi di DPRD Jawa Barat pada Pileg 2019

Kompas.com - 11/12/2017, 10:48 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ribuan orang kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah ditetapkan menjadi bakal calon anggota dewan dipastikan telah siap bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Ketua Badan Pembinaan Kepeminpan Daerah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, Ahmad Heryawan atau yang karib disapa Aher optimistis dengan banyaknya minat kader maju dalam Pileg 2019, PKS mampu mengejar target raihan 51 kursi di DPRD Jawa Barat.

"Semua harus kerja keras. Kader (yang menjadi anggota dewan) harus meningkat. Saya kira 51 wakil (kursi di DPRD Jawa Barat) sangat bisa," ujar Aher di Bandung, Senin (11/12/2017).

Untuk merealisasikan target tersebut, Aher meminta agar seluruh kader PKS harus bisa menata kemenangan dengan baik. Salah satu strateginya adalah memunculkan program-program yang bisa berdampak kepada masyarakat.

"Kader di semua bidang, di struktur, masing-masing daerah, harus bisa menambah kader dan berpengaruh pada raihan suara. Pelayan belum (sepenuhnya) disapa, petani belum disapa. Suara mereka masih terbagi. Harus dibina agar suara ke kita. Untuk menaikan dua kali lipat di 2019," ungkapnya.

Aher menambahkan, seluruh kader PKS harus mampu meningkatkan raihan suara di daerah pemilihan masing-masing. Upaya tersebut, kata Aher, harus dimulai dari sekarang.

"Semua kelompok diprioritaskan. Majlis taklim, pelajar, anak muda, buruh, nelayan, petani, mahasiswa. Itu akan berdampak pada kemenangan di 2019 menang. Optimis di (Pilgub Jabar) 2018 pun menang," imbuhnya.

Baca juga : Dukung Sudrajat di Pilkada Jabar, Gerindra Incar Koalisi dengan PKS yang Usung Deddy Mizwar

Gubernur Jawa Barat ini menambahkan, meski saat ini PKS hanya memiliki 12 kursi di DPRD Jawa Barat. Ia yakin kebijakan Pemprov Jabar di bawah kepemimpinannya yang berjalan baik telah banyak meraih prestasi. Hal tersebut menurut dia bisa menjadi modal untuk meningkatkan raihan jumlah kursi di DPRD Jawa Barat pada Pileg 2019 mendatang.

Senada dengan Aher, Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jawa Barat, Abdul Hadi Wijaya mengatakan, dengan banyaknya minat kader untuk bertarung di Pileg 2019, PKS Jawa Barat optimistis mampu meraih kursi di DPRD Jawa Barat paling sedikit 20 kursi 16,7 persen dari 100 kursi di level DPRD Jawa Barat.

Menurut dia, siapapun yang akhirnya menjadi calon anggota dewan, PKS akan memberikan dukungan maksimal tanpa mengenyampingkan visi dari PKS, yakni berkhidmat pada rakyat.

"Karena anggota dewan adalah perpanjangan tangan dari rakyat, maka sudah menjadi kewajiban anggota dewan untuk sadar akan perannya tersebut," ujarnya.

Baca juga : Cari Pendamping Sudrajat, Gerindra Buka Komunikasi dengan PKS dan PAN

Abdul Hadi menambahkan, selain diminta untuk mulai menyosialisasikan diri sendiri, para bakal calon pun diwajibkan untuk sekaligus menyosialisasikan pasangan Deddy Mizwar- Ahmad Syaikhu sebagai cagub dan cawagub yang diusung oleh PKS dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018.

Kompas TV Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengunjungi Kantor Kelurahan Kalibaru, Bekasi, Jawa Barat, yang menjadi posko pengungsian warga korban banjir, Aher juga memberikan bantuan dengan membangun kolam retensi dan mengaktifkan mesin pompa air. Dalam tinjauannya, Gubernur Ahmad Heryawan Menjelaskan, Provinsi Jawa Barat bersama dengan pemerintah Kota Bekasi, bersinergi untuk melakukan antisipasi bencana banjir. Selama 4 hari, beberapa pemukiman dan jalan utama di Kota Bekasi dikepung banjir akibat derasnya hujan dan meluapnya aliran kali sungai bahkan, tanggul di Perumahan Harapan Baru 2 jebol akibat tidak kuat menahan debit air yang tinggi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com