Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Siklon Tropis Cempaka, Jabar Akan Dilanda Hujan Lebat dan Angin Kencang

Kompas.com - 28/11/2017, 12:32 WIB
Agie Permadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Siklon tropis Cempaka ternyata berpengaruh pada cuaca di Jawa Barat dan sekitarnya. Dampaknya, Jabar berpotensi dilanda hujan lebat dan angin kencang.

Hal tersebut diungkapkan prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Neneng Sugiarti melalui pesan singkatnya, Selasa (18/11/2017).

"Siklon Cempaka berpengaruh terhadap kondisi cuaca di Jabar. Dampak yang ditimbulkan adanya siklon tropis Cempaka berupa potensi hujan lebat dan angin kencang," katanya.

Pihaknya memperkirakan siklon tropis Cempaka masih akan bertahan hingga dua sampai tiga hari ke depan. Untuk itu, Neneng mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati pada dampak siklon tropis Cempaka.

"Siklon tropis Cempaka masih akan bertahan hingga dua sampai tiga hari. Masyarakat agar waspada dan hati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang pohon tumbang, dan jalan licin," katanya.

Berdasarkan data Pws@BMKG.go.id, posisi siklon tropis Cempaka, Selasa (28/11/2017) sekitar pukul 07.00 WIB, berada di perarian selatan Jawa timur (32 Km sebelah selatan-tenggara pacitan) dengan kekuatan 65 km/jam bergerak ke timur-tenggara dengan kecepatan 4 km/jam.

Baca juga : Pencarian Terkendala Cuaca Buruk, Seorang Nelayan Belum Ditemukan

Diperkirakan dalam 24 jam ke depan (Rabu, 29 November 2017, sekira pukul 07.00 WIB) posisi siklon tropis berada di selatan Jawa timur (124 km sebelah tenggara Pacitan) dengan kekuatan 60km/jam dan bergerak ke timur-tenggara dengan kecepatan 8 km/jam.

Baca juga : Ratusan Penumpang di Bandara Malang Dialihkan ke Surabaya karena Cuaca Buruk

Kompas TV Dalam aplikasi Info BMKG, pengguna dapat melihat prediksi cuaca yang diperbarui tiap 30 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com