Gerindra Bangun Koalisi Besar Lawan PDI-P di Pilkada Jateng - Kompas.com

Gerindra Bangun Koalisi Besar Lawan PDI-P di Pilkada Jateng

Kontributor Semarang, Nazar Nurdin
Kompas.com - 27/11/2017, 20:27 WIB
IlustrasiKOMPAS/HANDINING Ilustrasi

SEMARANG, KOMPAS.com - Partai Gerindra bakal membangun koalisi besar untuk melawan PDI-P di Pilkada Jateng, Juni 2018.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gerindra Jateng Abdul Wahid mengatakan, partainya intens berkomunikasi dengan partai lain untuk membuat koalisi besar itu. Tentunya, komunikasi politik dengan partai di luar PDI-P.

"Dikomunikasikan dengan partai lain, PAN sudah oke, PKS sama, PKB sama. PPP sudah diajak ngomong, Demokrat juga sudah. Terakhir kemarin Golkar," kata Wahid, di Semarang, Senin (27/11/2017).

Kepada partai lain, Gerindra menawarkan dua sosok yang diusung untuk menjadi pendamping di Pilkada mendatang. Gerindra harus menjalin koalisi karena hanya mempunyai 11 kursi di DPRD Jateng.

(Baca juga : Jelang Pilkada Jateng, Ini Cara Sudirman Said agar Dapat Rekomendasi 3 Parpol )

Dua nama yang diusulkan dari Gerindra yaitu Wakil Ketua Umum Gerindra Fery Juliantono dan mantan menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM) Sudirman Said.

"Yang jelas, siapapun yang sudah didekati kami laporkan ke ketua umum. Bahkan dengan Nasdem, dilaporkan ke ketua umum. Posisi Pilgub Jateng, akan ditindaklanjuti pada pendiri partai," tambahnya.

Wakil Ketua Gerindra Jateng Sriyanto Saputro menambahkan, para kader utama baik di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota hingga kecamatan dikumpulkan untuk mendapat pemaparan langsung dari dua kandidat itu.

Ferry dan Sudirman pun diberi kesempatan memaparkan visi misinya di depan para kader. Bahkan Ketua umum Gerindra Prabowo Subianto juga ikut dalam rapat konsolidasi di Kota Semarang.

(Baca juga : PAN Wacanakan Usung Taufik Kurniawan pada Pilkada Jateng )

"Dua kandidat Jateng ini diberi paparan visi misi di depan kader. Pak Prabowo hadir memberi support utuk memenangkan pasangan calon yang diusung," ungkapnya.

Konsolidasi ini dilakukan untuk mempersiapkan hajatan Pilkada Jateng 2018 dan Pileg 2019.  "Hari-gari ini fokusnya di Pilgub," ujar Sriyanto.

Meski dikenalkan ke kader, Gerindra hingga kini masih belum memutuskan siapa sosok yang akan diusung.  

Seperti diketahui, hanya PDI-P yang dapat mengusung sendiri pasangan calon di Pilkada mendatang. PDI-P mengantongi 31 kursi DPRD Jateng. Jumlah tersebut cukup untuk mencalonkan pasangan cagub-cawagub tanpa berkoalisi dengan partai lain.

Kompas TV Mantan Menteri ESDM Sudirman Said siap maju dalam bursa pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Semarang, Nazar Nurdin
EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM