Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenderal Gatot Puji Kekompakan TNI dan Polri di Maluku

Kompas.com - 20/11/2017, 14:28 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Gotot Nurmantyo mengaku bangga dengan kebersamaan yang terjalin antara aparat TNI Polri yang ada di Maluku.

“Pertama saya datang ke sini untuk menemui prajuri-prajurit saya baik TNI maupun Polri. Pertama kali saya ucapkan terima kasih karena selama ini kebersamaan antara TNI dan Polri begitu indah di sini, kita lihat ke mana-mana selalu bersama-sama,” kata Gatot kepada wartawan seusai memberikan pengarahan kepada prajuritnya di kompleks perumahan Dinas Pangdam XVI Pattimura di kawasan Tapal Kuda Ambon, Senin (20/11/2017).

Gatot menjelaskan, politik TNI Polri adalah politik negara sehingga semua aparat TNI dan Polri harus dapat mencurahkan seluruh kemampuan dan pengabdiannya untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara.

“Kedua saya datang ke sini juga ingin menyampaikan pesan dari presiden mengingatkan bahwa politik TNI dan Polri sama, yakni politik negara. Semuanya dicurahkan untuk menjaga keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Baca juga : Gatot: Perintah Saya Yang Utama Keselamatan Sandera

Karena itu, Gatot mengingatkan kepada seluruh aparat TNI Polri agar taat kepada hukum dan mengutamakan kepentingan rakyat di atas segala-galanya.

"Saya ulangi lagi seluruh aparat TNI Polri harus mengutamakan kepentingan rakyat dan taat kepada atasan,” katanya.

Dia menjelaskan, atasan Polri dan TNI adalah Presiden yang sah sesuai dengan konstitusi, sehingga kewajiban kedua institusi itu harus dapat menjaga soliditas dan solidaritas demi menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Baca juga : Gatot Nurmantyo: TNI dan Polri Harus Mampu Bersinergi

Kompas TV Anggota TNI yang terlibat dalam misi penyelamatan di Mimika, mendapatkan kenaikan pangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com