Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

PKB Tunggu Hasil Survei Tentukan Cagub-Cawagub Jawa Tengah

Kompas.com - 20/11/2017, 11:58 WIB
Josephus Primus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih yakin untuk mengusung mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar sebagai calon Gubernur Jawa Tengah pada gelaran Pilkada Jawa Tengah 2018.

Namun, kata Muhaimin pihaknya akan menunggu survei yang akan selesai akhir November untuk betul-betul mendeklarasikan siapa calon gubernur (cagub) maupun  calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Tengah yang akan diusung.

Muhaimin mengatakan, dari survei itu partainya juga akan melihat apakah memungkinkan untuk mengusung sendiri cagub- cawagub untuk Pilkada Jawa Tengah.

"Cagubnya masih Pak Marwan. Tapi kami tunggu keputusannya nanti, lihat survei," ujar Muhaimin usai menghadiri kegiatan di Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (18/11/2017).

Adapun PKB, kata Muhaimin terbuka untuk berkoalisi dengan partai lain.

"Cagub Jawa Tengah masih nungggu survei  akhir bulan ini. Surveinya bagaimana, memungkinkan tetap maju sendiri atau berkoalisi dengan yang lain. Tapi kami terbuka dengan siapapun," ujar Muhaimin.  

Sebelumnya, Muhaimin mengatakan PKB tengah melakukan lobi-lobi untuk mendapat dukungan dari partai politik bagi Marwan Jafar. Namun, Muhaimin tidak menyebutkan partai mana yang sedang dilobi oleh PKB.

Selain itu kader PKB juga diarahkan untuk melakukan pendekatan ke masyarakat dan mengenalkan sosok Marwan Jafar. Pasalnya, elektabilitas Marwan Jafar berada di bawah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dari PDI-P.

"Untuk Jateng kami akan mengusung Marwan Jafar dan melakukan lobi-lobi, memasarkan ke partai-partai untuk mendapat dukungan," ujar Muhaimin saat ditemui di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Minggu (23/7/2017). (KONTRIBUTOR JAKARTA/DAVID OLIVER PURBA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com