Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Abadikan Momen Langka 2 Kepala Negara Belanja Batik di Mall

Kompas.com - 09/11/2017, 19:00 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Ratusan pengunjung pusat perbelanjaan Bogor Trade Mall (BTM) mendadak riuh saat Presiden Joko Widodo beserta Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mendatangi mall tersebut, Kamis (9/11/2017) sore.

Petugas keamanan dari kedua belah negara pun ikut sibuk mengawal kedua orang penting ini. 

Para pengunjung mall pun tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Mereka mengambil foto momen langka tersebut. "Pak Jokowi, Pak Jokowi," teriak salah satu pengunjung.

Kedatangan Jokowi maupun Moon Jae-in ke Mall BTM juga mengundang perhatian para pemilik toko di mall itu. Mereka berusaha mengabadikan kehadiran keduanya lewat ponsel.

(Baca juga : Batik Rp 100.000 yang Dibeli Jokowi dan Presiden Korsel Belum Dibayar)

Jokowi dan Moon Jae-in pun berkeliling ke sejumlah toko yang berada di dalam mall yang terletak di Jalan Ir Juanda ini. Keduanya lalu berhenti di Toko Batik Kencana Ungu. Di situ, baik Jokowi dan Moon Jae-in mencoba beberapa batik yang dijual.

"Ini batik asli Indonesia," kata Jokowi kepada Moon Jae-in.

Setelah selesai mencoba beberapa baju batik, mereka lalu membeli dua buah pakaian. Jokowi membeli batik printing berwarna biru dan merah yang masing-masing seharga Rp 100.000. Lalu, Moon Jae-in juga membeli dua baju batik berukuran besar seharga Rp 130.000.

Dari toko batik, keduanya lalu menyempatkan membeli teh hangat di salah satu toko penjual minuman di sana sebelum pergi meninggalkan mall.

(Baca juga : Jokowi Sambut Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Istana Bogor)

Sementara itu, Marketing Communication Bogor Trade Mall Sisco Delgado merasa terhormat atas kunjungan kedua kepala negara itu.

Menurutnya, kunjungan tersebut menunjukkan kepedulian yang sangat besar dari kedua pemimpin negara terhadap para pelaku usaha kecil dan menengah di Bogor.

"Di Mall BTM terdapat lebih dari 1.000 pedagang yang sebagian besar merupakan pelaku UMKM," tutur Sisco. 

Kompas TV Keunikan prosesi resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution pada malam hari digelar dengan prosesi pernikahan adat Jawa klasik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com