Presiden Jokowi Sumbang Rp 30 Juta untuk Keluarga Hafidin - Kompas.com

Presiden Jokowi Sumbang Rp 30 Juta untuk Keluarga Hafidin

Kontributor Semarang, Nazar Nurdin
Kompas.com - 14/09/2017, 19:34 WIB
Keluarga Hafidin di Banjarnegara, Kamis (14/9/2017).KOMPAS.com/Nazar Nurdin Keluarga Hafidin di Banjarnegara, Kamis (14/9/2017).

SEMARANG, KOMPAS.com - Kisah bocah 10 tahun asal Banjarnegara, Jawa Tengah, Hafidin sempat menjadi perbincangan di media sosial. Namanya populer karena dikabarkan bekerja untuk menafkahi ibunya Biyah (40) dan kakeknya Sumedi (82).

Kisah perjuangan Hafidin itu terdengar hingga ke Istana Kepresidenan. Presiden RI Joko Widodo melalui utusannya mengirim paket bantuan untuk Hafidin dan kelurganya. Para pihak, termasuk pemerintah daerah, perbankan ikut saweran membantu sarana dan prasarana.

"Dibantu dari Pak Jokowi Rp 30 juta. Katanya Rp 20 juta untuk perbaikan rumah dan Rp 10 juta untuk pendidikan Hafidin," ujar Biyah, ibu Hafidin, saat disambangi di rumahnya, Kamis (14/9/2017).

Hafidin dan keluarganya tinggal di rumah pinjaman sanak keluarganya di Desa Kebutuhjurang, Kecamatan Pagendongan. Dalam kehidupan sehari-hari, keluarga Hafidin menggantungkan bantuan dari negara dan tetangganya.

(Baca juga: Hafidin, Bocah 10 Tahun yang Dikabarkan Nafkahi Ibu dan Kakeknya)

 

Hafidin pun tak jarang mendapat upah Rp 2.000 dari setiap diminta tolong membelikan jajanan atau sayuran para tetangganya. Biyah mengatakan, bantuan dari Jokowi dititipkan ke desa.

Uang bantuan tersebut diterima, Rabu (13/9/2017) kemarin dibawa dengan alasan untuk menjaga keamanan. "Diberikannya Rabu kemarin. Kalau biasanya masak ya ikan asin, tempe," ujarnya.

Kepala Desa Kebutuhjurang, Mistam berjanji menggunakan uang titipan Jokowi untuk keluarga Hafidin. Uang segera diwujudkan ke dalam perbaikan rumah.

"Besok segera digunakan untuk bedah rumah," ujar Mistam.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta warga setempat bergotong royong membantu proses bedah rumah ukuran 6x8 itu. "Besok tolong dibantu gotong royong ya," pinta pria 48 tahun ini. 

Kompas TV Bocah Usia 5 Tahun Ini Derita Penyempitan Usus

PenulisKontributor Semarang, Nazar Nurdin
EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM