Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggal Penghuninya Berladang, 10 Rumah Ludes Terbakar

Kompas.com - 06/09/2017, 15:13 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Sebanyak 10 rumah di Dusun Krajan, Desa Penawangan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, rata dengan tanah akibat dilalap si jago merah, Rabu (6/9/2017) siang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini lantaran sebagian besar penghuni rumah sedang berladang. Namun kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Berdasarkan pendataan pihak pemerintah Desa Penawangan, rumah yang terbakar antara lain milik Yatimah, Napijan, Sumpeno, Ngatman, Kinem, Darto, Maji, Rusmini, Poyo dan Suliman.

"Api berasal dari rumah Suliman yang ditinggal pergi oleh pemiliknya. Api terus membesar dan menyambar sembilan rumah di sekitarnya," kata Sekretaris Desa Penawangan, Anang Patono (33).

Ia menjelaskan, kebakaran ini pertama kali diketahui pukul 09.00 WIB oleh Rusdiyono (31). Saksi melihat ada api di dapur rumah Suliman yang terkunci. Api dengan cepat membakar rumah yang terbuat dari papan kayu tersebut.

Baca juga: 19 Hektar Suaka Margasatwa Cikepuh Sukabumi Terbakar

Lantaran saat itu angin bertiup sangat kencang, api cepat sekali merambat ke rumah warga lainnya.

Rusdiyono yang sudah berusaha meminta tolong warga lainnya tidak bisa berbuat banyak. Hanya kurang dari setengah jam, sebanyak 10 rumah rata dengan tanah.

"Dari rumah Pak Suliman yang di ujung timur merembet ke rumah Bu Yatimah, terus ke Pak Napijan hingga total 10 rumah," ujarnya.

Kepala Dinas Satpol PP dan Kebakaran Tajudin Noor mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 09.15 WIB. Sebanyak dua unit mobil pemadam dan satu unit tangki air dari BPBD meluncur ke lokasi kejadian.

"Juga kami kerahkan unit dari Tengaran. Sementara ada 10 rumah dan satu unit sepeda motor," kata Tajudin.

Baca juga: 2 Kelompok Pemuda Cekcok di Pasar Sambu Medan, Yamaha Byson Hangus Terbakar

Kompas TV Kebakaran terjadi pada Senin dini hari. Kebakaran baru padam setelah 10 unit pemadam dikerahkan.

Hingga berita ini diturunkan, proses pemadaman masih berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com